9 Kebiasaan yang Menurunkan Kesuburan Pria dan Wanita

kebiasaan yang bisa menurunkan kesuburan

9 Kebiasaan yang Menurunkan Kesuburan Pria dan Wanita

Bila Anda dan pasangan memiliki rencana hamil, ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari karena dapat menurunkan kesuburan pria dan wanita. Kebiasaan ini umumnya terkait dengan pola hidup tidak sehat, seperti kurang tidur, merokok, dan stres.

Kesuburan pria dan wanita menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan peluang kehamilan. Namun, ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari memengaruhi kesuburan. Lantas, apa saja kebiasaan yang dapat turunkan kesuburan? Cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini.

Kebiasaan Buruk yang Turunkan Kesuburan Pria dan Wanita

Mengetahui apa saja kebiasaan turunkan kesuburan dapat membuat pasangan lebih sadar hal apa yang harus dihindari untuk mendapatkan anak. Berikut kebiasaan turunkan kesuburan pria dan wanita:

1. Kurang Tidur

Tidur yang cukup adalah saat tubuh dan otak beristirahat dan pulih setelah aktivitas sehari-hari. Ketika Anda kurang tidur, seperti hanya tidur sedikit waktu setiap malam, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan dan mengatur berbagai proses penting,

Ini termasuk proses-proses yang terkait dengan reproduksi. Kondisi ini bisa memengaruhi cara hormon bekerja dalam tubuh dan hormon inilah berperan penting dalam mengatur kesuburan. Jadi, jika kurang tidur, hormon ini bisa terganggu yang bisa menyebabkan masalah kesuburan pada pria dan wanita.

Baca Juga: 5 Tes Kesuburan Pria yang Harus Diketahui untuk Program Hamil

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, seperti minuman ringan dan minuman manis lainnya seringkali mengandung banyak gula tambahan. Gula ini bisa memengaruhi bagaimana tubuh kita mengatur gula darah dan hormon. Hormon tersebut juga berperan dalam kesuburan.

Terlalu banyak gula tambahan dalam makanan dan minuman membuat tubuh sulit mengatur hormon-hormon dengan baik. Hal ini bisa merusak kesuburan dan membuat pasangan sulit untuk memiliki anak. Selain itu, minuman bersoda juga menyebabkan peningkatan berat badan yang bisa memengaruhi kesuburan baik pada pria maupun wanita.

3. Merokok

Merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kesuburan. Pada pria. Merokok dapat merusak kualitas sperma. Asap rokok mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu produksi sperma sehingga membuatnya menjadi kurang aktif dan kurang mampu mencapai sel telur.

Pada wanita, merokok bisa memengaruhi ovarium (kelenjar yang menghasilkan sel telur) dan mengganggu siklus menstruasi. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menghambat kesuburan.

4. Konsumsi Alkohol

Kebiasaan turunkan kesuburan selanjutnya adalah mengonsumsi alkohol berlebihan. Alkohol dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Pada pria, konsumsi alkohol berlebih dapat mengganggu produksi hormon testosteron yang penting untuk sperma. Selain itu, alkohol juga dapat merusak struktur sperma dan mengurangi jumlah sperma yang normal.

Pada wanita, alkohol juga bisa mengganggu siklus menstruasi dan produksi hormon yang penting untuk kesuburan. Hal ini dapat menyebabkan ovulasi tidak teratur atau bahkan tidak terjadi.

5. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Tinggi Kafein

Kafein adalah zat yang terdapat dalam kopi, teh, minuman berenergi, dan beberapa minuman ringan. Meskipun sedikit kafein tidak masalah, konsumsi berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan kualitas sel telur pada wanita, serta kualitas sperma pada pria.

Pada wanita, terlalu banyak kafein dapat mengganggu siklus menstruasi dan memengaruhi produksi hormon yang penting untuk kesuburan. Ini bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi sel telur yang sehat dan berinteraksi dengan sperma.

Pada pria, kafein berlebihan juga dapat memengaruhi kualitas sperma. Kualitas sperma yang baik sangat penting untuk pembuahan yang berhasil. Kafein dapat memengaruhi gerakan dan bentuk sperma serta jumlah sperma yang diproduksi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Kesuburan? Simak Jawabannya!

6. Terlalu Banyak Konsumsi Junk Food

Kebiasaan turunkan kesuburan selanjutnya adalah terlalu banyak makan junk food. Junk food adalah makanan yang kaya lemak jenuh, gula tambahan, dan rendah serat. Contohnya termasuk makanan cepat saji, makanan ringan yang tinggi gula, dan makanan olahan.

Makanan junk food kurang memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan dapat memengaruhi berat badan dan keseimbangan hormon. Diet yang kaya lemak jenuh dan gula tambahan dapat mengganggu regulasi hormon dalam tubuh.

Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein sehat. Nutrisi yang tepat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mendukung kesehatan reproduksi baik pada pria maupun wanita.

7. Jarang Berolahraga

Olahraga adalah cara untuk membuat tubuh bergerak dan aktif. Jika kita jarang berolahraga, tubuh bisa menjadi kurang sehat. Kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan masalah seperti kelebihan berat badan atau obesitas.

Kelebihan berat badan ini bisa memengaruhi hormon dalam tu buh dan bisa menjadi kebiasaan turunkan kesuburan. Selain itu, olahraga juga membantu menjaga aliran darah yang baik, yang penting bagi kesehatan alat reproduksi.

8. Stres

Kebiasaan turunkan kesuburan berikutnya adalah faktor stres. Stres adalah respons tubuh terhadap tekanan fisik, mental, atau emosional yang dianggap sebagai ancaman atau tantangan. Ketika Anda merasa tertekan atau cemas, tubuh melepaskan hormon-hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Reaksi stres ini sebenarnya alami dan membantu Anda dalam situasi berbahaya, tetapi jika stres berkepanjangan atau terlalu intens, dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kita, termasuk keseimbangan hormon reproduksi.

Stres kronis atau jangka panjang dapat memengaruhi produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh. Hormon stres seperti kortisol bisa mengganggu siklus hormon reproduksi dan menghambat produksi hormon yang mengatur menstruasi pada wanita. Pada pria, stres yang tinggi juga dapat memengaruhi produksi sperma dan kualitas sperma.

9. Diet Berlebihan

Diet ekstrem yang berujung pada berat badan rendah juga menjadi salah satu penyebab kebiasaan turunkan kesuburan. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan tubuh berovulasi di waktu yang tidak tepat sehingga semakin sulit menentukan masa subur. Akibatnya, masa subur cenderung terlewat dan upaya untuk hamil pun semakin sulit. Selain itu, berat badan yang terlalu rendah juga dapat mengganggu kerja hormon reproduksi yang penting untuk kesuburan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Itulah beberapa kebiasaan turunkan kesuburan pria dan wanita yang perlu diwaspadai. Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai posisi tidur saat program hamil, segera konsultasikan ke Ciputra IVF terdekat. Di sana, Anda bisa mendapatkan penanganan yang sesuai. Ciputra IVF menawarkan layanan kesehatan lengkap, mulai dari konsultasi dengan dokter kandungan, program bayi tabung, hingga tes kesuburan.

Telah direview oleh Dr. dr. Sudirmanto, Sp.OG, SubSp-FER

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 24 Juni, 2024
Dipublisikan 24 Juni, 2024
Tags: