Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur
Hari pertama siklus menstruasi terakhir
E.g. 18/01/2020
Lama periode siklus Anda
Variasi silkus biasanya dari 23 sampai 35 hari
Perkiraan masa subur
kemungkinan berovulasi hari ini
Karena lama siklus Anda, sayangnya kami tidak dapat memperkirakan probabilitas ovulasi. Kami menyarankan Anda menggunakan Tes Ovulasi Digital untuk mendeteksi hari-hari paling subur Anda secara akurat.
  *
Mulai periode terakhir
  20%
Kemungkinan berovulasi pada tanggal ini
Ubah informasi
..
Hasil didasarkan pada informasi yang Anda berikan dan data dari publikasi di bawah ini: Sarah Johnson, Lorrae Marriott & Michael Zinaman (2018): “Dapatkah aplikasi dan metode kalender memprediksi ovulasi dengan akurat?”, Penelitian dan Pendapat Medis Saat Ini, DOI:10.1080/03007995.2018.1475348.

Anda ingin cepat hamil? Jika iya, kalkulator masa subur menjadi kunci utama untuk mengetahui momen yang tepat saat berhubungan intim, terutama saat masa subur, sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Tak perlu khawatir dengan perhitungan yang rumit. Anda dapat mencoba kalkulator masa subur yang tersedia di halaman ini untuk memudahkan prosesnya! Yuk, hitung perkiraan masa subur Anda dengan kalkulator masa subur ini!

Kalkulator Masa Subur

Mengetahui masa subur dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hamil. Siklus menstruasi wanita terjadi setiap 28 hari. Namun, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Ada sekitar 6 hari dalam setiap siklus menstruasi Anda memiliki peluang kehamilan. Cobalah kalkulator masa subur untuk memperkirakan kapan masa subur Anda sebagai upaya merencanakan kehamilan.

Baca Juga: Masa Subur Pria: Mengenal Ciri-Ciri dan Cara Meningkatkannya

Bagaimana Mengunakan Kalkulator Masa Subur Wanita?

Anda dapat mengetahui masa subur dengan cara:

1. Memilih tanggal hari pertama menstruasi terakhir Anda dan sesuaikan dengan rata-rata siklus menstruasi Anda, umumnya 28 hari.

2. Klik Tombol “Hitung Perkiraan Masa Subur”.

3. Selanjutnya, biarkan kalkulator masa subur bekerja dan akan tampak pada layar hasil perhitungan perkiraan masa subur Anda.

Kalkulator masa subur bukanlah saran medis. Agar lebih jelas konsultasikan langsung dengan petugas kesehatan yang kompeten.

 

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita?

Menghitung masa subur dengan kalkulator masa subur dapat membantu Anda merencanakan kehamilan.  Pertama, ketahui periode menstruasi Anda dan catat hari pertama Anda menstruasi setiap bulan. Kemudian, hitung jarak menstruasi hari pertama (saat ini) dan hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Sebagai contoh, haid pertama Anda tanggal 27 November. Lalu di bulan berikutnya, haid pertama Anda tanggal 23 Desember, maka lama siklus menstruasi Anda adalah 28 hari. Masa subur biasanya berlangsung sekitar 5-6 hari dan peluang Anda untuk hamil berlangsung selama 3 hari terakhir setelah ovulasi.

Baca Juga: Tanda Positif Hamil

Definisi Ovulasi

Proses ovulasi  pada manusia terjadi saat sel telur yang matang dikelurkan dari ovarium. Umumnya ovulasi terjadi 4 hari setelah siklus menstruasi (14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi wanita berikutnya).

Hari ke 10-18 dari siklus menstruasi merupakan fase paling subur dari siklus menstruasi. Pembuahan sel telur hanya terjadi selama 12-24 jam setelah pelepasan sel telur yang matang melalui saluran tuba menuju rahim.  Sperma sendiri dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita hingga 5 hari.

Lakukan hubungan seksual teratur 5 hari sebelum ovulasi untuk meningkatkan kemungkinan pembuahan. Jika pembuahan berhasil, sel terlur dapat ditanamkan dalam rahim 6-12 hari kemudian. Jika tidak, lapisan dalam rahim dan sel telur akan meluruh dan terjadilah menstruasi.

Tanda-Tanda Ovulasi

Kenali tanda-tanda masa subur untuk memperkuat prediksi masa subur, di antaranya:

  • Kenaikan suhu basal tubuh
  • Meningkatnya lendir serviks tekstur menyerupai putih telur mentah
  • Rasa sakit atau kram ringan di perut bagian bawah
  • Gairah seks yang meningkat
  • Serviks melunak dan terbuka
  • Adanya bercak ringan/sedikit

 

Baca Juga: 5 Tes Kesuburan Pria yang Harus Diketahui untuk Program Hamil

Tips untuk Hamil

Persiapkan kehamilan yang sehat dengan beberapa langkah berikut:

  •  Mengenali waktu masa subur dan tanda ovulasi pada tubuh Anda (meningkatnya suhu basal tubuh, lendir serviks, dan lainnya).
  • Rutin berhubungan seksual saat masa subur.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung asam folat setidaknya satu bulan sebelum merencanakan kehamilan.
  • Lakukan perilaku hidup sehat dengan diet sehat, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan, melengkapi vaksinasi, dan kontrol kehamilan untuk mencegah komplikasi selama kehamilan.

Prediksi Masa Subur

Ada berbagai cara untuk  memperkuat prediksi masa subur Anda, di antaranya:

1. Mengetahui Siklus Menstruasi  

Kalkulator masa subur menggunakan metode pelacakan siklus menstruasi untuk memprediksi kapan terjadinya ovulasi. Wanita dengan siklus menstruasi teratur dapat dengan mudah menentukan kapan masa subur mereka dan kemungkinan besar akan hamil. Sayangnya siklus menstruasi setiap wanita bervariasi. Hari pertama menstruasi adalah hari pertama pendarahan dimulai dan berakhir pada hari pendarahan dimulai lagi. Jadi, penting mengetahui periode menstruasi untuk menentukan kapan masa subur terjadi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Kesuburan? Simak Jawabannya!

2. Mengukur  Suhu Basal Tubuh 

Anda dapat mengukur suhu basal tubuh untuk membantu menentukan kapan masa subur dan peluang kehamilan dapat terjadi. Suhu basal tubuh dapat diukur menggunakan termometer khusus. Pengukuran dapat dilakukan saat baru bangun tidur di pagi hari. Sebelum ovulasi terjadi suhu basal tubuh berada pada level terendah. Kemudian, mulai naik sekitar ½ derajat per hari selama ovulasi.  Pengukuran suhu basal tubuh tidak disarankan saat Anda demam, pilek atau infeksi.

3. Alat Tes Masa Subur (Ovulation Test Pack) 

Alat tes masa subur dapat Anda gunakan untuk mendeteksi masa subur. Alat tes masa subur bekerja dengan mendeteksi perubahan hormon luteinizing (LH) dalam urin. Jika produksi hormon luteinizing (LH) meningkat, maka masa ovulasi akan segera tiba. Inilah waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual untuk merencanakan kehamilan.

Sudah melakukan berbagai tips di atas, tetapi tidak mendapatkan hasil yang optimal? Kabar baiknya, Anda dapat merencanakan kehamilan yang lebih matang dengan perawatan kesuburan.

Tersedia berbagai pilihan perawatan kesuburan untuk meningkatkan peluang kehamilan, seperti program bayi tabung hingga inseminasi buatan. Bagaimana tertarik mencobanya? Segera bicarakan dengan dokter untuk merencanakan program kehamilan yang tepat.

Terakhir diperbarui pada 13 Desember, 2023
Dipublisikan 14 September, 2023