Catat, 12 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

12 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Catat, 12 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Ada banyak manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang sayang dilewatkan. Mulai dari mengatasi sembelit hingga menjaga kadar gula darah. Tidak hanya baik bagi bumil, kandungan nutrisi di dalam sirsak juga bagus untuk perkembangan janin.

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sembelit, hingga mengurangi stres selama kehamilan. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak. Simak apa saja nutrisi dan manfaat buah sirsak untuk ibu hamil di bawah ini.

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Buah sirsak atau Annona muricata adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, serta Asia. Buah sirsak memiliki kulit hijau yang berduri dan daging putih lembut disertai biji kecil di dalamnya.

Selain dikenal dengan rasa manis dan segar, buah sirsak juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam 100 g buah sirsak:

  • Kalori: 66 kalori
  • Karbohidrat: 16.8 g
  • Protein: 1 g
  • Karbohidrat: 16,8 g
  • Air: 81,1 g
  • Serat: 3,3 g
  • Kalsium: 14 mg
  • Magnesium: 21 mg
  • Sodium: 14 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Kalium: 278 mg
  • Folat: 14 mg
  • Beta karoten: 1 mg
  • Vitamin C: 20,6 mg
  • Vitamin B2: 0,05 mg

Baca Juga: Catat, 7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Promil dan Kesuburan

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah bisa menjadi salah satu cara bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil. Hal ini karena buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan ibu dan janin, termasuk buah sirsak.

Berikut beberapa khasiat makan buah sirsak saat hamil:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Buah sirsak merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang kuat. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terserang infeksi atau penyakit saat hamil. Sedangkan, antioksidan berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang Janin

Buah sirsak juga kaya akan kalsium, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium dapat mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah sirsak saat hamil dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang optimal. Selain itu, buah sirsak juga mengandung

fosfor, vitamin K, dan magnesium yang semuanya adalah nutrisi untuk mendukung kesehatan tulang.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi umum yang sering dialami selama kehamilan. Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, bumil bisa mengonsumsi buah sirsak. Buah sirsak mengandung serat yang membantu memperbaiki tekstur feses dan memudahkan pergerakan usus.

Selain itu, buah sirsak juga mengandung air yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan membantu konsentrasi tinja agar lebih lunak.

manfaat buah sirsak untuk morning sickness

4. Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness atau mual merupakan kondisi yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon di awal kehamilan. Buah sirsak bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan serat di dalamnya. Serat membantu mengurangi produksi asam lambung, yang dapat memperburuk gejala morning sickness.

Selain itu, buah sirsak juga mengandung cukup air yang membantu tubuh agar tetap terhidrasi, sehingga dapat meringankan gejala morning sickness.

5. Membantu Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung menjadi kondisi umum yang sering dikeluhkan ibu hamil selama kehamilan. Hal itu terjadi akibat perubahan fisiologis selama kehamilan. Sirsak

menjadi salah satu buah yang dapat memberikan bantuan untuk meredakan sakit punggung pada ibu hamil.

Manfaat tersebut diperoleh dari senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalam buah sirsak. Selain itu, kandungan magnesium dalam buah sirsak juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan memberikan efek relaksasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah sirsak mengandung magnesium, yaitu mineral yang dapat memberikan efek relaksasi pada saraf tubuh. Magnesium dalam buah sirsak dapat meningkatkan kualitas tidur dengan cara mengurangi ketegangan otot dan memberikan perasaan relaksasi pada tubuh, sehingga ibu hamil bisa tertidur dengan pulas.

7. Mencegah Infeksi

Buah sirsak dapat memberikan manfaat untuk mencegah infeksi pada ibu hamil karena kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas yang masuk dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan, senyawa antiinflamasinya dapat meringankan peradangan dan mencegah penyakit yang muncul akibat peradangan.

8. Menjaga Tekanan Darah

Fluktuasi hormon dan volume darah yang meningkat dapat memengaruhi tekanan darah ibu hamil. Tekanan darah yang terlalu tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan

risiko masalah pada kehamilan, termasuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mengonsumsi buah sirsak dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil. Hal itu berkat kandungan kalium dalam buah sirsak yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

9. Mengatasi Kram Kaki

Kram kaki menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil akibat perubahan berat badan dan perubahan hormon selama kehamilan. Buah sirsak mengandung kalium dan magnesium, yaitu mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot.

Kalium membantu otot agar berkontraksi dengan baik. Sementara itu, magnesium berperan dalam relaksan otot dan mengurangi ketegangan sehingga dapat membantu mencegah serta mengurangi kram otot selama kehamilan.

10. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Buah sirsak mengandung asam folat, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Asam folat berperan dalam pembentukan dan penutupan tabung saraf, mengurangi risiko cacat genetik, dan memberikan perlindungan terhadap risiko cacat tabung saraf.

Itu sebabnya, buah sirsak bisa menjadi salah satu opsi makanan yang dikonsumsi selama kehamilan.

11. Menjaga Kadar Gula Darah

Perubahan hormon dan fisik yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan resistansi insulin, yaitu kondisi ketika tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk mengatur kadar gula darah. Sensitivitas insulin yang baik dibutuhkan untuk mengatur kadar gula darah, terutama selama masa kehamilan.

Serat yang terkandung dalam buah sirsak bermanfaat untuk mengatur penyerapan glukosa dan memperlambat pelepasan gula ke dalam darah. Itulah alasan mengapa konsumsi buah sirsak saat hamil dapat membantu menjaga tingkat gula darah agar tetap stabil dan mengurangi fluktuasi yang mungkin terjadi selama kehamilan.

12. Mengurangi Stres

Sirsak termasuk dalam buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam buah sirsak bermanfaat untuk mengurangi stres selama kehamilan. Selain itu, buah sirsak juga mengandung senyawa-senyawa tertentu yang bersifat antiinflamasi, sehingga dapat memberikan efek menenangkan ketika ibu hamil mengalami stres berlebihan atau kecemasan.

Tips Mengonsumsi Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dapat memperoleh manfaat buah sirsak dengan mengonsumsinya secara langsung. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan sebelum mengonsumsi buah sirsak, seperti berikut:

1. Pilih Buah Sirsak yang Matang dan Segar

Saat hamil, ibu dilarang untuk mengonsumsi buah sirsak yang tidak matang. Buah sirsak yang tidak matang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi buah sirsak yang matang dan segar.

Buah sirsak yang matang dapat dikenali dari kulitnya yang lunak dengan warna kulit cenderung lebih gelap. Selain itu, sirsak yang matang biasanya memberikan aroma manis dan segar.

Baca Juga: Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

2. Cuci Buah Sirsak Hingga Bersih

Sebelum mengonsumsi buah sirsak, pastikan ibu hamil mencucinya terlebih dahulu hingga bersih di bawah air yang mengalir. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran, debu atau bahan kimia yang menempel pada kulit buah.

Mencuci bersih buah sirsak juga berperan dalam mencegah kontaminasi bakteri atau mikroba yang dapat menyebabkan masalah pada kehamilan.

3. Konsumsi Dalam Jumlah Cukup

Meski memiliki beragam manfaat, ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan. Mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada kehamilan, seperti alergi.

Itu tadi berbagai manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Perlu diketahui, kebutuhan nutrisi setiap ibu hamil dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter mengenai makanan apa saja yang dapat memberikan dukungan kesehatan bagi ibu dan janin selama kehamilan.

Telah direview oleh Dr. dr. Sudirmanto, Sp.OG, SubSp-FER

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 28 Mei, 2024
Dipublisikan 28 Mei, 2024