9 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

9 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

9 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat apel untuk ibu hamil mulai dari menjaga kesehatan tulang, mencegah sembelit, jantung, dan sumber energi selama kehamilan. Selama kehamilan, buah apel bisa menjadi camilan sehat berkat kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi di dalamnya. Selengkapnya, simak manfaat apel untuk ibu hamil berikut.

Apel untuk Ibu Hamil dan Janin

Apel adalah buah yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam buah apel, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan vitamin B, memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, serta jantung.

Apel juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, buah apel juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan dan membantu memenuhi kebutuhan asam folat untuk perkembangan bayi. Oleh karena itu, mengonsumsi apel dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan bagus untuk perkembangan janin.

Baca Juga: Hati-hati Ini 9 Buah untuk Promil yang Dilarang

Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah apel selama kehamilan dapat memberikan manfaat bagi ibu dan janin di dalam kandungan. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah apel selama kehamilan:

1. Menjaga kesehatan Tulang dan Gigi
Apel mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang.  Selama kehamilan, kalsium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang sedang berkembang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah perkembangan pada janin dan dapat meningkatkan risiko osteoporosi pada ibu hamil. Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi di dalam apel juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang.

2. Mencegah Sembelit
Selama kehamilan, perubahan hormon dan tekanan pada organ pencernaan membuat ibu hamil rentan terkena sembelit. Makan makanan tinggi serat seperti apel dapat membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan pergerakan usus agar berjalan lancar sehingga mempermudah buang air besar. Apel juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga membantu ibu hamil agar tetap terhidrasi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selama kehamilan, ibu wajib menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi.  Apel mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C dan antioksidan. Vitamin C berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Sedangkan, antioksidan yang terdapat dalam apel, seperti flavonoid dan polifenol membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Mendukung Perkembangan Otak Janin
Apel mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin pada tahap awal kehamilan. Asupan asam folat yang terpenuhi dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah apel, seperti polifenol dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi apel selama kehamilan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat larut atau pektin dalam buah apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, plak, dan peradangan di dalam dinding arteri.

Selain itu, kandungan kalium yang cukup dalam buah apel dapat membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Buah Bit untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Konsumsinya

9 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Apel mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin.

6. Menjaga Berat Badan Ideal
Perubahan hormon selama kehamilan dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti apel dapat membantu mengendalikan nafsu makan berlebihan, sehingga ibu hamil dapat menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, apel juga memiliki kandungan kalori yang relatif rendah, sehingga bisa menjadi rekomendasi camilan sehat selama kehamilan.

7. Mengurangi Risiko Anak Terkena Asma dan Alergi
Buah apel mengandung senyawa alami seperti quercetin dan flavonoid yang bersifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Penelitian menunjukkan, senyawa alami tersebut dapat memberikan manfaat untuk memperkuat paru-paru serta mengurangi risiko anak terkena asma dan alergi di kemudian hari.

8. Meningkatkan Energi
Selama kehamilan, kebutuhan energi akan meningkat guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak karbohidrat untuk mendapatkan energi selama kehamilan. Apel adalah sumber karbohidrat alami yang mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa, sehingga dapat memberikan energi instan selama kehamilan.

9. Membantu Mencegah Anemia
Mengonsumsi apel selama kehamilan juga bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain mengandung zat besi, buah apel juga mengandung vitamin C yang berlimpah. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

10. Mencegah Diabetes gestasional
Manfaat buah apel berikutnya adalah membantu mengelola kadar gula darah agar tetap stabil selama kehamilan. Apel adalah buah yang memiliki indeks glikemik cukup rendah dan mengandung banyak serat.

Mengonsumsi buah kaya akan serat, seperti apel dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan, sehingga mencegah lonjakan gula darah yang tinggi dan mengurangi risiko diabetes gestasional selama kehamilan. Namun, pada orang yang telah memiliki penyakit diabetes jumlah apel yang di konsumsi harus di sesuaikan dengan kebutuah nutrisi hariannya agar tidak menyebabkan gula darah melonjak tinggi

Baca Juga: Buah Kesemek, Nutrisi Alami untuk Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Apel Setiap Hari?

Ibu hamil boleh makan buah apel setiap hari sebagai bagian dari pola makan sehat selama kehamilan. Sebab, apel memiliki banyak manfaat yang baik bagi perkembangan janin dan ibu hamil. Umumnya, ibu hamil dapat mengonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi berapa banyak buah apel yang boleh Anda konsumsi jika anda memiliki keadaan penyakit tertentu.

Meski memiliki beragam manfaat, ibu hamil harus mengonsumsi buah apel dalam jumlah yang telah ditentukan agar manfaat mengkonsumsi buah apel bisa di dapatkan secara optimal.
Oleh karena itu, selain mengonsumsi apel, Anda juga harus mengonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya untuk dapat memenuhi nutrisi selama kehamilan.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Buah Apel Dengan Kulitnya?

Kulit buah apel mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, antioksidan, vitamin C, dan vitamin A. Kulit apel mengandung lebih banyak serat daripada dagingnya, sehingga bisa mendukung pencernaan yang baik dan mencegah sembelit. Selain serat, kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin A di dalam kulit apel juga memberikan manfaat yang baik bagi ibu dan janin selama masa kehamilan. Oleh karena itu, secara umum ibu hamil boleh mengonsumsi buah apel dengan kulitnya.

Namun, pastikan untuk mencuci apel dengan baik sebelum mengonsumsinya agar kotoran atau residu pestisida yang menempel pada kulit dapat hilang. Apel memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, sehingga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Pastikan untuk mengonsumsi buah apel dalam batas wajar atau yang telah direkomendasikan oleh dokter agar tidak memberikan dampak negatif bagi Anda dan janin. Semoga bermanfaat.

Telah direview oleh dr. Surya Seftiawan Pratama

Source:

Tim Konten Medis

Terakhir diperbarui pada 23 November, 2023
Dipublisikan 16 November, 2023