Catat, 7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Promil dan Kesuburan

Manfaat Buah Kiwi Untuk Promil

Catat, 7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Promil dan Kesuburan

Selain enak dan menyegarkan, manfaat buah kiwi juga baik untuk program hamil (promil). Kandungan tinggi vitamin E dan antioksidan di dalamnya bisa meningkatkan kualitas sperma hingga mencegah cacat lahir pada janin.

Percaya atau tidak, pasangan normal tanpa masalah medis hanya memiliki kemungkinan 15 hingga 30 persen untuk hamil di setiap siklus menstruasi. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah peningkat kesuburan seperti kiwi bisa menjadi salah satu cara agar cepat mendapatkan keturunan.

Lantas, apa manfaat buah kiwi untuk promil? Simak artikel ini untuk penjelasannya.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Promil

Pada dasarnya, mengonsumsi buah kiwi memang baik untuk tubuh karena meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem metabolisme. Kiwi tersedia dalam dua jenis, yaitu kiwi hijau dan kiwi kuning.

Buah kiwi kuning lebih kaya potasium dan vitamin C dibandingkan yang berwarna hijau, sedangkan yang berwarna hijau mengandung lebih banyak serat.

Berikut manfaat buah kiwi untuk program hamil yang tidak boleh dilewatkan:

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Buah kiwi mengandung berbagai mineral dan nutrisi yang berperan langsung pada produksi kualitas sperma. Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam buah kiwi dipercaya mampu meningkatkan kekuatan sperma laki-laki.

Selain itu, buah kiwi juga mengandung konsentrasi vitamin C tiga kali lebih banyak dibanding buah atau sayuran lainnya. Kandungan antioksidan pada buah kiwi mempunyai keunikan, yaitu mencerna setiap makanan yang masuk ke lambung dan memastikan nutrisinya tersebar ke seluruh tubuh dengan sempurna.

Baca Juga: Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

2. Meningkatkan Motilitas Sperma

Manfaat buah kiwi untuk promil lainnya ialah dapat meningkatkan motilitas atau kemampuan sperma untuk bergerak secara efisien di dalam sistem reproduksi. Buah kiwi mengandung tinggi zinc yang membantu proses pelepasan hormon testosteron dalam jumlah besar.

Hal ini sangat penting untuk mendukung kesehatan sperma. Mengonsumsi zinc, vitamin E serta vitamin C secara bersamaan dapat meningkatkan motilitas dan jumlah sperma.

Menurut penelitian, laki-laki dengan lebih banyak kandungan zinc dalam tubuhnya terbukti memiliki kualitas sperma yang lebih banyak dan lebih baik.

buah kiwi bisa meningkatkan jumlah sperma

Kandungan vitamin C pada kiwi dapat meningkatkan libido seorang lelaki.

3. Meningkatkan Jumlah Sperma

Akumulasi mineral seperti folat, vitamin, zinc, dan kalsium dalam buah kiwi berperan meningkatkan jumlah sperma yang menjadi tolak ukur motilitas serta kualitas sperma yang baik.

Buah kiwi juga mengandung hampir lebih dari 10% folat yang tidak hanya penting untuk jumlah sperma tetapi juga untuk kesehatannya. Jumlah sperma lebih banyak memberikan potensi lebih besar akan kehamilan.

4. Meningkatkan Libido

Khasiat buah kiwi juga bisa meningkatkan libido karena mengandung Vitamin C, antioksidan dan produksi oksida nitrat (NO).

Kadar libido yang tinggi bisa meningkatkan gairah seksual yang bermanfaat dala program kehamilan. Kadar testosteron secara medis terbukti meningkat ketika lelaki mengonsumsi vitamin C yang membuat mereka lebih berselera untuk berhubungan seks.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Calon Buah Hati

5. Mencegah Cacat Lahir Pada Janin

Buah kiwi mengandung folat yang memberikan efek sangat baik untuk kesuburan wanita, baik sebelum maupun sesudah pembuahan berlangsung. Bagi wanita yang sedang berjuang untuk hamil, folat juga dapat membantu mencegah adanya cacat awal kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran.

Manfaat buah kiwi untuk promil bagi kesuburan wanita tidak berhenti di situ. Pasalnya, kandungan folat membantu metabolisme sel di seluruh tubuh termasuk di

dalam ovarium Anda.

Dokter merekomendasikan wanita untuk mulai mengonsumsi folat setiap hari saat promil serta dalam 12 minggu pertama masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena wanita membutuhkan folat hingga 10 kali lebih banyak selama kehamilan agar bayi dapat tumbuh dengan sehat.

6. Mengurangi Stres

Manfaat buah kiwi untuk promil dapat membantu mengurangi stres serta meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Seringkali pasangan merasa stres berlebih akibat promil yang belum kunjung berhasil.

Namun, tahukah kamu kondisi stres ternyata berdampak buruk pada kualitas sperma. Selain itu, berhubungan seks menjadi tidak menyenangkan karena kedua pasangan terkesan tidak menikmati. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari stres selama program hamil.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh bagi kedua pasangan juga menjadi faktor penting agar program hamil berhasil. Pasangan yang sedang menjalankan promil tentu harus selalu dalam kondisi sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Perbanyak konsumsi buah kiwi yang tinggi akan zat antioksidan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit. Tubuh yang sehat meningkatkan keberhasilan dari promil.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Yuk Coba!

Itulah informasi manfaat buah kiwi untuk promil yang harus diketahui setiap pasangan. Bila Anda dan pasangan berencana melakukan program hamil, konsultasikan ke Ciputra IVF terdekat.

Di sana, Anda bisa mendapatkan penanganan yang sesuai. Ciputra IVF menawarkan layanan program kehamilan lengkap, mulai dari konsultasi dengan dokter kandungan hingga tes kesuburan.

Anda dapat memeriksa jadwal dokter di Ciputra IVF dan membuat janji dengan mudah dan cepat melalui layanan WhatsApp. 

Telah direview oleh dr Stella Katrolo

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 23 April, 2024
Dipublisikan 23 April, 2024
Tags: