9 Makanan Mengandung Asam Folat untuk Meningkatkan Kesuburan

9 Makanan Mengandung Asam Folat untuk Meningkatkan Kesuburan

9 Makanan Mengandung Asam Folat untuk Meningkatkan Kesuburan

Asam folat memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah, perkembangkan otak, serta pemeliharaan kesehatan jantung. Tak hanya itu, asam folat juga memainkan peran penting untuk program hamil dan mendukung pertumbuhan janin. Salah satu cara memastikan tubuh mendapatkan asam folat yang cukup adalah melalui makanan. Simak beberapa makanan mengandung asam folat yang bisa Anda konsumsi.

Makanan Mengandung Asam Folat

Asam folat tidak hanya didapatkan dari vitamin, tetapi Anda juga bisa menemukan kandungan ini dari makanan. Tentu makanan mengandung asam folat lebih sehat. Berikut daftarnya:

1. Kacang Tanah

Kacang tanah, selain menjadi camilan yang populer juga merupakan sumber asam folat yang penting dalam pola makan sehari-hari. Asam folat diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA, serta membantu pembentukan sel darah merah. Kacang tanah juga mengandung nutrisi lain seperti protein, serat, dan lemak sehat, menjadikannya pilihan camilan yang sehat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

2. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memberikan kontribusi penting pada asupan vitamin B9. Selain itu, biji ini juga mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Biji bunga matahari dapat dimakan langsung, ditambahkan ke dalam yogurt atau digunakan sebagai topping pada salad. Cara ini memberikan variasi rasa dan nutrisi tambahan pada makanan sehari-hari.

3. Asparagus

Asparagus atau yang juga dikenal sebagai daun bawang Jepang adalah sayuran hijau yang kaya akan asam folat. Setiap porsi asparagus menyediakan sejumlah besar vitamin B9 yang diperlukan tubuh untuk mendukung pembentukan sel darah dan berbagai fungsi sel tubuh lainnya.

Selain asam folat, asparagus juga mengandung serat, vitamin K, dan antioksidan, membuatnya menjadi tambahan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan. Asparagus dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau ditumis, sehingga memberikan fleksibilitas dalam penyiapan hidangan.

9 Makanan Mengandung Asam Folat untuk Meningkatkan Kesuburan

Buah bit membantu pembentukan sel darah merah dan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi selama kehamilan.

4. Lentil dan Kacang Polong

Lentil dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang tinggi asam folat. Kedua makanan ini juga merupakan sumber protein nabati baik sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk vegetarian atau orang yang mencari alternatif sumber protein tanpa lemak hewani. Asam folat dalam lentil dan kacang polong mendukung proses pembentukan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

Kandungan serat yang tinggi dalam kedua jenis kacang-kacangan ini juga memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan pencernaan. Lentil dan kacang polong dapat dimasak menjadi sup, hidangan utama, atau ditambahkan ke dalam salad untuk meningkatkan asupan asam folat.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan selada, merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Keunggulan utama sayuran hijau adalah kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama vitamin B9 atau asam folat.

Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan memainkan peran kunci dalam pembelahan sel. Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran hijau secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sel darah dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Baca Juga: Olahraga untuk Program Hamil, Meningkatkan Kesuburan dan Peluang Hamil

6. Alpukat

Alpukat bukan hanya menawarkan cita rasa lezat dan krimi, tetapi juga mengandung asam folat yang signifikan. Asam folat dalam alpukat mendukung perkembangan sel darah, terutama selama masa pertumbuhan dan kehamilan. Selain asam folat, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Menambahkan alpukat ke dalam diet harian dapat memberikan kontribusi positif terhadap keseimbangan nutrisi dan kesehatan secara keseluruhan. Dengan cara ini, alpukat menjadi pilihan yang menggugah selera dan sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

7. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein lengkap yang mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk asam folat. Sebuah telur rata-rata mengandung sekitar 22 mikrogram asam folat, yang merupakan kontribusi yang berarti terhadap kebutuhan

harian. Asam folat dalam telur penting untuk mendukung pertumbuhan sel, pembentukan DNA, dan fungsi normal sistem saraf.

8. Buah Bit

Buah bit mengandung sekitar 148 mikrogram asam folat. Asam folat ini memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi selama kehamilan. Buah bit dapat dimakan mentah, direbus, atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti salad untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

9. Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu rendah lemak, selain menjadi sumber protein yang esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan sel juga menyediakan asam folat.

Asam folat dalam makanan ini membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan sel darah merah serta mendukung fungsi sistem saraf. Menciptakan keseimbangan antara protein dan asam folat dalam diet membantu memastikan keberlanjutan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

10. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan asam folat. Setiap porsi brokoli mengandung sejumlah asam folat yang berkontribusi pada kebutuhan harian tubuh. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber serat yang baik dan mengandung vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Asam folat dalam brokoli berperan dalam sintesis DNA dan RNA serta membantu mencegah kelainan tabung saraf pada bayi selama masa kehamilan. Menyertakan brokoli dalam pola makan sehari-hari adalah cara yang baik untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga: Manfaat Akupunktur untuk Program Hamil, Efeknya Luar Biasa!

Itu dia makanan mengandung asam folat yang bisa Anda konsumsi. Ternyata banyak juga ya daftar makanannya. Yuk, perharikan asupan asam folat untuk tubuhmu setiap hari!

Telah direview oleh Dr Sony Prabowo, MARS

Source:

Terakhir diperbarui pada 19 Februari, 2024
Dipublisikan 19 Februari, 2024