Manfaat Ikan Mujair untuk Ibu Hamil: Ketahui Kandungan Nutrisi dan Cara Mengolahnya

Manfaat Ikan Mujair untuk Ibu Hamil: Ketahui Kandungan Nutrisi dan Cara Mengolahnya

Manfaat Ikan Mujair untuk Ibu Hamil: Ketahui Kandungan Nutrisi dan Cara Mengolahnya

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan dan tergolong murah. Ini menjadi salah satu ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Ikan mujair dikenal sebagai ikan yang kaya akan nutrisi dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Inilah fakta kandungan nutrisi dan manfaat ikan mujair untuk ibu hamil!

Fakta Kandungan Nutrisi Ikan Mujair

Ikan mujair adalah jenis ikan yang murah dan telah dikembangbiakkan pada lebih dari 135 negara di dunia. Diketahui ikan mujair memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya. Sajian 3-5 ons ikan mujair mengandung nutrisi sebanyak:

  • 128 kalori
  • 26 gram protein
  • 3 gram lemak
  • 24% dari kebutuhan gizi harian (RDI) niacin
  • 31% dari RDI vitamin B12
  • 20% dari RDI fosfor
  • 78% dari RDI selenium
  • 20% dari RDI kalium

Selain itu, ikan mujair mengandung 0 gram karbohidrat. Ikan mujair terbilang jenis ikan sehat yang rendah kandungan merkuri, mengandung banyak vitamin dan mineral, dan omega-3. Hal ini membuat ikan mujair sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk ibu hamil.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Ikan Nila untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Mujair Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi

Banyak ibu bertanya, apakah ibu hamil boleh makan ikan mujair? Jawabannya adalah boleh. Ikan mujair yang memiliki kandungan merkuri rendah membuatnya aman untuk dikonsumsi, baik ibu hamil, ibu dalam program hamil, dan bayinya. Ikan mujair mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Inilah manfaat ikan mujair untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungannya, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi omega-3 dalam ikan mujair membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan aterosklerosis. Selain itu, omega-3 dalam ikan mujair juga dapat menurunkan kolesterol pada ibu hamil. Tentunya, omega-3 ini juga berfungsi untuk menjaga dan membantu perkembangan jantung sang bayi.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan omega-3, vitamin, dan mineral pada ikan mujair mampu meningkatkan fungsi serta perkembangan otak bayi. Ikan mujair juga dapat mencegah terjadinya demensia dini pada sang ibu. Omega-3 berguna untuk merawat dan menjaga fungsi neurologis dalam tubuh.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Ibu hamil disarankan untuk menjaga kestabilan berat tubuhnya agar terhindar dari risiko keguguran. Ikan mujair yang mengandung tinggi protein, rendah kalor dan lemak, mampu menjadi alternatif makanan bagi ibu hamil guna menjaga berat badan tetap ideal. Konsumsilah ikan mujair tidak lebih dari 2-3 porsi per minggu.

Baca Juga: Buah Kesemek, Nutrisi Alami untuk Ibu Hamil

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan mujair mengandung fosfor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Fosfor adalah salah satu jenis mineral yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi, kuku, serta tulang pada bayi. Fosfor juga berguna untuk mencegah osteoporosis dini pada ibu hamil.

Manfaat Ikan Mujair untuk Ibu Hamil: Ketahui Kandungan Nutrisi dan Cara Mengolahnya

Ibu hamil memerlukan potasium untuk mengurangi rasa nyeri dan kram selama masa kehamilan.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ikan mujair tinggi akan antioksidan selenium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan selenium berguna untuk mengurangi stres oksidatif pada organ tubuh ibu hamil dan aktivitas radikal bebas lainnya. Selain itu, antioksidan selenium juga berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh dengan meningkatkan aktivitas sel darah putih.

6. Mencegah Kekurangan Potasium

Ikan mujair juga kaya akan potasium, dimana potasium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ibu hamil memerlukan potasium untuk mengurangi rasa nyeri dan kram pada masa kehamilan. Selain itu, potasium juga dibutuhkan sebagai asupan nutrisi saraf serta otot.

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Kondisi Kehamilan yang Dilarang/Berisiko Makan Ikan Mujair

Belum ditemukan sumber yang mengatakan ikan mujair berisiko bagi kondisi kehamilan tertentu. Pada kenyataannya, ikan mujair yang mengandung banyak nutrisi dan rendah merkuri ini menjadi salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan mujair mampu mengurangi kemungkinan bayi lahir dalam kondisi cacat maupun keguguran.

Ikan mujair juga menjadi sumber protein yang baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Namun, perlu diketahui bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi ikan mujair lebih dari 3 porsi per minggu atau setara dengan 12 ons. Akibat mengonsumsi ikan mujair berlebihan pada ibu hamil adalah dapat menimbulkan inflamasi pada tubuh.

Ide Cara Mengolah Ikan Mujair

Ikan mujair seringkali diolah dengan cara digoreng. Namun, ada beberapa ide cara mengolah ikan mujair untuk ibu hamil agar lebih sehat. Mulai dari memanggangnya, menjadikan sup, merebus dengan sayuran, hingga mengovennya. Kita harus mengindari mengolah ikan dengan cara menggoreng karena dengan teknik menggoreng bahan makanan akan terpapar panas yang tinggi sehingga merusak kadungan protein dan menambahakan kalori dan lemak dari minyak yang terserap selama proses menggoreng dan menjadikan hidangan ikan kita menjadi tidak sehat, Ikan mujair harus dimasak dengan matang, bukan setengah matang, agar nutrisi ikan tetap terjaga bagi ibu hamil. Hindari mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang karena kemungkinan terinfeksi bakteri atau parasit sangat besar.

Selain ikan mujair, ada banyak ikan lain yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti ikan teri, salmon, dan ikan air tawar lainnya. Ibu hamil dapat mengonsumsi ikan-ikan tersebut dalam jumlah yang telah ditentukan. Jika Anda menginginkan saran jenis makanan rendah merkuri lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Telah direview oleh dr. Surya. S. Pratama

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 8 September, 2023