Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Pepaya adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari (morning sickness). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa papaya kaya akan vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu mengurangi rasa mual selama kehamilan. Selain itu, buah ini memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga juga bisa membantu mencegah dehidrasi.

Buah merupakan salah satu makanan sumber nutrisi yang penting untuk ibu hamil. Pasalnya, buah mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang dapat mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin. Yuk simak berbagai manfaat pepaya untuk ibu hamil!

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Buah pepaya (Carica papaya) merupakan buah tropis yang memiliki rasa manis dan kaya akan nutrisi. Daging buah pepaya matang memiliki tekstur yang lembut dan berair, sehingga cocok diolah menjadi berbagai hidangan, seperti jus, salad, smoothie, atau hidangan lainnya.

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam, sehingga bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Berikut kandungan nutrisi yang ada dalam buah pepaya:

● Serat: 3 gram

● Karbohidrat: 15 gram

● Kalori: 59 kkal

● Protein: 1 gram

● Vitamin C: 157% kebutuhan harian

● Vitamin A: 33% kebutuhan harian

● Folat: 14% kebutuhan harian

● Potassium: 11% kebutuhan harian

Pepaya juga mengandung antioksidan karotenoid, seperti likopen yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu, buah pepaya juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalium, magnesium, vitamin B, dan K, serta enzim papain.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Calon Buah Hati

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Buah pepaya memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Berikut beberapa manfaat rutin makan buah pepaya selama masa kehamilan:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saat hamil, ibu rentan mengalami masalah kesehatan pencernaan, seperti sembelit. Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya serat agar pencernaan tetap sehat.

Buah pepaya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dalam 152 gram buah pepaya mengandung 3 gram serat. Mengonsumsi serat dapat membantu meningkatkan volume dan kelembutan tinja sehingga memperlancar pencernaan serta mengatasi sembelit saat hamil.

7 Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Makan pepaya saat hamil memberikan energi karena mengandung karbohidrat.

2. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Pepaya menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil karena berkashiat untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang optimal sangat penting untuk melindungi ibu dan janin dari risiko infeksi dan penyakit. Buah pepaya mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat seperti, vitamin C dan vitamin A.

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, merangsang produksi sel darah putih, dan membantu penyerapan zat besi yang efektif untuk melawan risiko infeksi atau penyakit selama masa kehamilan. Sedangkan, vitamin A penting untuk mendukung ketahanan tubuh yang optimal serta mencegah risiko infeksi dan menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

3. Mencegah Anemia

Buah pepaya mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mencegah anemia, seperti vitamin C dan zat besi. Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi agar lebih optimal. Sedangkan, zat besi berperan dalam mendukung produksi sel darah merah dan menjadi transportasi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. Selain itu, kandungan asam folat di dalam buah pepaya juga mendukung pembentukan sel darah merah yang sehat dan dapat mencegah terjadinya anemia megaloblastik.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Yuk Coba!

4. Mencegah Dehidrasi

Saat hamil, kebutuhan cairan ibu akan meningkat. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Buah pepaya mengandung banyak air, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan selama kehamilan dan dapat mencegah dehidrasi.

Pepaya juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi.

5. Meredakan Morning Sickness

Pada trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness atau rasa mual dan muntah. Mengonsumsi pepaya dapat membantu meredakan gejala morning sickness. Kandungan vitamin C di dalam pepaya dapat merangsang produksi kolagen dan memberikan efek anti-mual.

Sedangkan, enzim papain membantu memecah protein dalam makanan, sehingga mengurangi beban kerja sistem pencernaan dan rasa penuh yang dapat memicu mual pada ibu hamil. Selain itu, buah pepaya juga mengandung kalium, yang dapat membantu mengurangi gejala akibat morning sickness.

6. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Pepaya adalah salah satu sumber asam folat yang dapat membantu mendukung perkembangan janin dan mencegah risiko cacat tabung saraf. Ketika ibu hamil memiliki asupan asam folat yang tercukupi, risiko cacat tabung saraf pada janin dapat berkurang, sehingga ibu hamil perlu memastikan bahwa kebutuhan asam folat selama kehamilan terpenuhi.

7. Sumber Energi

Selama kehamilan, kebutuhan energi tubuh meningkat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta perubahan fisiologis pada ibu. Mengonsumsi pepaya selama kehamilan dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil karena mengandung karbohidrat.

Karbohidrat adalah sumber utama energi yang diperlukan tubuh, termasuk selama kehamilan. Selain itu, enzim papain dalam buah pepaya juga membantu menyerap nutrisi dari makanan agar lebih efisien, sehingga tubuh dapat menggunakan energi dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Berapa Banyak Pepaya yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Hamil?

Mengonsumsi pepaya selama kehamilan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Namun, mengonsumsi buah pepaya yang berlebihan sebaiknya dihindari. Mengonsumsi pepaya dengan ukuran setengah hingga satu

buah pepaya dengan ukuran normal dan buah papaya yang sudah matang, masih dianggap aman selama kehamilan.

Selain itu, hindari mengonsumsi buah pepaya yang belum matang. Karena pepaya yang belum matang lebih banyak mengandung enzim papain, yaitu enzim yang dapat merangsang kontraksi rahim dan menimbulkan masalah pada perkembangan janin. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan porsi yang aman dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan kehamilan Anda.

Itulah manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Pastikan ibu hamil tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah pepaya. Jika ibu hamil masih memiliki pertanyaan seputar buah pepaya, konsultasikan ke Ciputra IVF terdekat. Di sana, Anda bisa mendapatkan penanganan yang sesuai. Ciputra IVF menawarkan layanan kesehatan lengkap, mulai dari konsultasi dengan dokter kandungan hingga tes kesuburan. Anda dapat memeriksa jadwal dokter di Ciputra IVF dan membuat janji dengan mudah dan cepat melalui layanan WhatsApp. 

Mari rencanakan kehamilan Anda dan pasangan dengan Ciputra IVF.

Telah direview oleh Dr. Dwi Sheila Amellita

Source:

Terakhir diperbarui pada 29 Februari, 2024
Dipublisikan 27 Februari, 2024