Buah Bit untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Buah bit untuk ibu hamil

Buah Bit untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Buah bit mungkin bukan makanan yang umum dikonsumsi sehari-hari. Padahal buah bit memiliki berbagai manfaat kesehatan termasuk bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi yang melimpah, membuat buah bit menjadi pilihan menu harian Anda selama masa kehamilan. Baca selengkapnya mengenai manfaat buah bit untuk ibu hamil dalam artikel berikut.

Apa Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil?

Ketika hamil, Anda akan merasakan beberapa masalah seperti gangguan pencernaan, mudah lelah, atau kondisi lain yang menghambat aktivitas Anda. Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat buah bit untuk ibu hamil:

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

1. Menjaga Pencernaan Anda Tetap Lancar

Selama masa kehamilan, hormon dapat mengganggu masalah pencernaan Anda. Buang air besar yang tadinya lancar, bisa jadi lebih lambat daripada biasanya. Makan-makanan kaya serat membantu Anda dalam menangkal sembelit dan membuat pencernaan Anda tetap berjalan teratur. Buah bit sebagai buah yang mengandung banyak serat, menjadi opsi terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Anda dapat mengonsumsi buah bit sekitar 28 gram per hari.

2. Mencegah Masalah Kecacatan Tabung Saraf

Selain mengandung banyak serat, buah bit juga tinggi asam folat. Konsumsi buah bit selama masa kehamilan membantu Anda untuk mencegah gangguan perkembangan saraf, seperti anensefali (bayi lahir tanpa bagian otak dan tengkorak) dan spina bifida (masalah tulang belakang pada bayi). Oleh karena itu, untuk mencegah kecacatan atau masalah perkembangan lainnya, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan asam folatnya.

Konsumsi buah bit sekitar 400 mg setiap harinya, cukup untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Sementara untuk kondisi kehamilan berisiko konsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena konsumsi buah bit saja tidak akan cukup, Anda juga harus mengonsumsi vitamin tambahan yang mengandung tinggi asam folat.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor: Cara Konsumsi dan Efek Sampingnya!

3. Membantu Mengurangi Anemia

Anemia defisiensi zat besi, merupakan masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Beberapa gejala yang mungkin dirasakan, seperti mudah lelah dan tubuh terasa lemah. Itulah mengapa memenuhi konsumsi harian zat besi sangat direkomendasikan, minimal 30 sampai 60 mg per harinya. Buah bit sebagai sumber alami dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan akan zat besi. Makan buah bit dengan jumlah minimal yang telah ditentukan untuk mendapatkan gizi yang cukup dari kandungan nutrisi buah bit.

4. Mencegah Masalah Pertumbuhan Janin

Penelitian di Inggris menyebutkan bila buah bit memiliki potensi yang baik dalam pencegahan masalah pembatasan pertumbuhan janin. Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya masalah di plasenta. Konsumsi buah bit bekerja membantu mencegah masalah tersebut, dengan meningkatkan aliran darah yang melintasi plasenta lewat nitrat yang terkandung dalam buah bit.

Baca Juga: Labu Siam untuk Ibu Hamil: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Memasak

5. Membantu Mempertahankan Berat Badan

Ketika hamil, wajar bila terjadi kenaikan berat badan. Kebutuhan akan sumber kalori dapat meningkat dua kali lipat. Namun, tidak perlu khawatir, saat hamil Anda dapat mencoba buah bit untuk masuk dalam menu harian Anda. Diperkaya akan kandungan vitamin C, kalium, serat, folat, mangan, dan zat besi, buah bit sangat rendah kalori. Jadi, kebutuhan gizi akan tetap terpenuhi dan Anda tidak perlu khawatir badan akan menjadi gemuk.

Apakah Buah Bit Bisa Menaikkan HB pada Ibu Hamil?

Buah bit menjadi pilihan terbaik untuk ibu hamil yang ingin menaikkan kadar hemoglobin. Hal ini dikarenakan, buah bit mengandung zat besi, mineral, serta vitamin yang dapat memperbaiki serta mengaktifkan sel darah merah, yang kemudian juga akan meningkatkan suplai oksigen. Tak hanya zat besi, buah bit juga memiliki kandungan asam folat, kalium, dan serat yang tinggi. Oleh karena itu, akan sangat direkomendasikan untuk ibu hamil memasukkan buah bit sebagai konsumsi harian.

Apa Efek Samping Buah Bit?

Konsumsi buah bit selama masa kehamilan, tidak memiliki efek samping atau risiko khusus. Efek samping yang langsung terlihat berubahnya warna urine atau feses menjadi merah muda atau merah. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Meskipun jarang terjadi, ada berapa kondisi perubahan warna urin yang menunjukkan bahaya seperti, kekurangan zat besi. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut kondisi Anda.

Buah bit untuk ibu hamil

Buah bit diketahui rendah kalori dan dapat membantu mempertahankan berat badan selama masa kehamilan.

Baca Juga: Manfaat Kentang untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya!

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Bit untuk Ibu Hamil?

Ada beberapa cara mengonsumsi buah bit yang dapat Anda lakukan di antaranya:

1. Memanggang Buah Bit

Panggang buah bit dengan memasukkan ke dalam oven, panaskan hingga 400 derajat fahrenheit. Letakkan buah bit dalam foil atau loyang, kemudian biarkan selama 45 sampai 90 menit (durasi waktu dapat bergantung pada jumlah buah bit yang dipanggang). Jika sudah selesai, angkat dengan hati-hati buah bit dari oven, dan kupas kulitnya dengan perlahan sebelum Anda mulai mengiris dan memakannya langsung.

2. Memasukkan ke Microwave

Jika Anda tidak memiliki oven di rumah, microwave juga dapat menjadi opsi yang mudah untuk mengonsumsi buah bit. Caranya masukkan beberapa buah bit kecil ke dalam piring yang aman untuk microwave. Tuangkan sedikit air di piring tersebut, lalu panaskan dengan suhu tinggi selama 8 sampai 15 menit. Setelah selesai, cek apakah buah bit sudah melunak. Jangan lupa untuk mengeluarkannya dengan alat pelindung, agar tangan Anda tidak panas.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

3. Membuat Jus

Resep lain untuk mengonsumsi buah bit adalah membuatnya menjadi jus. Jika Anda memiliki blender atau juicer di rumah, cara ini mungkin cukup praktis untuk dilakukan.
Sebagai variasi, Anda juga dapat menambahkan buah apel atau jeruk untuk menambah rasa menjadi lebih lezat. Buah lainnya juga dapat dimasukkan sesuai selera Anda.

4. Membuat Smoothies

Selain jus, Anda juga dapat mengonsumsi buah bit dalam bentuk smoothies. Cara membuatnya dapat dilakukan dengan memotong buah bit menjadi potongan-potongan kecil, kemudian padukan dengan buah dan sayuran kesukaan Anda. Cari resep lainnya untuk membuat smoothies buah bit Anda menjadi lebih terasa segar dan banyak variasi rasanya. Memasukkan pisang atau stroberi dapat menjadi pilihan yang lezat untuk dicoba.

Buah bit kaya akan nutrisi, mengandung banyak serat dan dapat memenuhi kebutuhan akan zat besi, asam folat, dan vitamin lainnya untuk Anda dan janin. Sekian artikel mengenai manfaat buah bit untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa lagi di artikel kesehatan lainnya.

Telah direview oleh dr. Josephine Grace Suryadi

Source:

Terakhir diperbarui pada 5 Desember, 2023
Dipublisikan 11 April, 2023