Manfaat Akupunktur untuk Program Hamil, Efeknya Luar Biasa!

Rahasia Kesuksesan Program Kehamilan dengan Akupunktur

Manfaat Akupunktur untuk Program Hamil, Efeknya Luar Biasa!

Akupunktur atau tusuk jarum digunakan sebagai sebuah pengobatan tradisional berasal dari Tiongkok. Akupunktur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Akupunktur melibatkan tusukan jarum ke anggota tubuh dengan kedalaman yang berbeda. Tapi, apakah boleh ibu hamil melakukan akupunktur? Apa saja sederet manfaat akupunktur untuk program hamil? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa itu Akupunktur?

Akupunktur merupakan pengobatan yang melibatkan jarum sangat tipis. Ahli akupunktur akan menusukkan jarum tipis itu pada tubuh atau titik akupunktur. Akupunktur bertujuan untuk menyeimbangkan kesehatan dan kekuatan tubuh. Akupunktur dapat membantu meredakan nyeri dan mengatasi berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Beberapa orang percaya bahwa hal ini bekerja dengan menyeimbangkan energi vital dan memiliki efek neurologis. Akupunktur memiliki 361 titik pada tubuh yang dipercaya sebagai aliran energi. Titik-titik akupunktur ini berada di tempat-tempat stimulasi yang dapat memengaruhi aktivitas neuron sensorik. Maka dari itu, akupunktur dapat membantu mengatasi atau mengobati penyakit nyeri, penyakit fisik, dan lainnya.

Baca Juga: Rincian Biaya Program Bayi Tabung Sesuai Siklus IVF

Bagaimana Prosedur Akupunktur dalam Meningkatkan Kesuburan?

Akupunktur adalah cara non-farmakologis yang aman dan efektif untuk meningkatkan kesuburan dan tingkat keberhasilan In-Vitro Fertilisation (IVF) dalam program hamil. Namun, akupunktur bukanlah cara cepat untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan akupunktur lebih berhasil meningkatkan angka kehamilan IVF jika diberikan pada semua tahap IVF.

Dalam banyak kasus, pengobatan akupunktur mungkin perlu dimulai setidaknya dua sampai tiga bulan sebelum melakukan pengobatan infertilitas medis atau bahkan lebih awal. Hal ini dikarenakan folikel ovarium dan telur membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk berkembang.

Sedangkan, sperma membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk diproduksi. Perawatan akupunktur mungkin juga perlu dilanjutkan di semua tahap IVF hingga awal kehamilan. Inilah cara kerja akupunktur dalam mengatur keberhasilan program hamil atau kesuburan pada pria dan wanita, meliputi:

a. Mengatur Hormon Reproduksi Wanita

Hormon reproduksi wanita perlu diseimbangkan dengan hati-hati untuk mencapai kesuburan yang optimal, salah satunya adalah produksi hormon follicle stimulating hormone (FSH). Hormon FSH ini diperlukan agar folikel ovarium dalam tubuh bisa tumbuh dan matang. Tinjauan penelitian baru-baru ini menyimpulkan bahwa akupunktur secara positif mengubah cara hormon reproduksi dikeluarkan. Akupunktur membantu menstimulasi ovarium secara alami untuk menghasilkan hormon FSH dengan lebih baik.

Baca Juga: Metode Bayi Tabung ICSI dan IMSI untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

b. Meningkatkan Aliran Darah dan Kualitas Telur

Folikel ovarium dan sel telur tumbuh sebagai bentuk respon terhadap hormon serta nutrisi yang dikirimkan melalui suplai darah ovarium. Aliran darah yang efisien dikaitkan dengan kualitas telur yang lebih tinggi.

Beberapa studi menemukan bahwa akupunktur dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium dengan cara melemaskan dinding pembuluh darah. Seseorang yang menerima perawatan akupunktur diketahui memiliki sel telur lebih matang dibandingkan orang lainnya.

c. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma

Sebanyak 40% kasus infertilitas disebabkan oleh kesuburan pria yang buruk. Embrio terbuat dari 50% DNA ibu dan 50% DNA ayah, jika kualitas sperma kurang baik, maka kemungkinan kualitas embrio yang dihasilkan juga akan buruk atau tidak berimplantasi. Akupunktur secara positif memengaruhi parameter sperma, termasuk konsentrasi, motilitas, vitalitas, dan jumlah sperma. Akupunktur juga dapat mengatur kadar testosteron yang sangat penting agar produksi sperma memadai dan optimal.

Rahasia Kesuksesan Program Kehamilan dengan Akupunktur

Akupunktur adalah pengobatan tradisional dari Tiongkok yang menggunakan jarum tipis sebagai alatnya.

Manfaat Akupunktur untuk Program Kehamilan

Akupunktur disebut-sebut sebagai metode yang cukup efektif untuk meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Dengan begitu program kehamilan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Inilah 5 manfaat akupunktur untuk program kehamilan, meliputi:

  • Membantu menyeimbangkan kadar hormon pria dan wanita sehingga tubuh menghasilkan hormon reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan secara optimal
  • Mengatur siklus menstruasi wanita dengan memberikan stimulus pada otak dan ovarium guna meningkatkan proses ovulasi serta produksi hormon secara normal
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya implantasi
  • Mengoptimalkan kesehatan sperma dengan meningkatkan jumlah dan motilitasnya
  • Membantu mengurangi rasa stres dan cemas yang dapat memicu perubahan siklus menstruasi, mengganggu ovulasi, menurunkan kadar testosteron, hingga kualitas sperma menjadi buruk


Baca Juga: Inseminasi Intrauterine Adalah Inseminasi Buatan untuk Promil

Berapa Kali Anjuran Akupunktur untuk Program Hamil?

Berapa banyak sesi akupunktur yang dibutuhkan untuk program kehamilan? Mengikuti perawatan akupunktur untuk meningkatkan kesuburan bisa sangat bermanfaat. Jumlah sesi akupunktur yang diperlukan bergantung pada konstitusi pribadi setiap orang, dilihat dari riwayat medis, kebutuhan individu, dan bagaimana seseorang merespons perawatan akupunktur.

Biasanya, akupunktur dilakukan sebanyak sepuluh hingga dua belas sesi sebagai titik awal. Ahli akupunktur akan memberi tahu tentang berapa banyak sesi akupunktur yang mungkin diperlukan selama sesi pertama setelah mereka mengambil riwayat kasus dan menilai kebutuhan pasangan. Akupunktur biasanya berlangsung selama kurang lebih 30 menit sekali perawatan. Ketika masa kehamilan, sang ibu masih dapat melakukan sesi akupunktur dengan jumlah yang telah ditentukan.

Pada umumnya, dilakukan sebanyak 1-2 kali per minggu. Akupunktur selama kehamilan juga dapat membantu meredakan gejala atau nyeri yang dirasakan selama trimester pertama, seperti nyeri punggung, panggul, mual, muntah, kelelahan, hingga kecemasan. Jika Anda tertarik mencoba terapi akupunktur sebaiknya diskusikan perawatan akupunktur dengan ahli akupunktur dan dokter Anda.

Akupunktur adalah pengobatan tradisional dari Tiongkok yang menggunakan jarum tipis sebagai alatnya. Jarum tipis akan ditusuk ke bagian-bagian tubuh atau titik akupunktur. Akupunktur diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya membantu meningkatkan kesuburan.

Ada sederet manfaat akupunktur untuk program hamil, seperti meningkatkan produksi hormon reproduksi, mengatur siklus menstruasi, hingga mengoptimalkan jumlah dan kualitas sperma. Akupunktur biasa dilakukan sebanyak 10-12 kali lamanya, tergantung dari riwayat kesehatan masing-masing. Selain itu, perawatan akupunktur juga dapat diimbangi dengan perawatan medis lainnya. Coba diskusikanlah hal ini dengan ahli akupunktur dan dokter Anda.

Telah direview oleh dr. Azifa Anisatul Umma

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 30 Oktober, 2023
Dipublisikan 5 Juli, 2023