Intip Manfaat dan Keamanan Cranberry untuk Ibu Hamil

Intip Manfaat dan Keamanan Cranberry untuk Ibu Hamil

Intip Manfaat dan Keamanan Cranberry untuk Ibu Hamil

Buah cranberry memiliki berbagai manfaat baik untuk ibu hamil. Kandungan buah yang tinggi nutrisi serta antioksidan, sehingga buah cranberry dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas apa saja kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat pada buah cranberry? Bagaimana tingkat keamanan cranberry untuk ibu hamil serta tips mengolah buah cranberry yang benar. Info selengkapnya akan diulas di artikel ini.

Baca Juga: Buah Bit untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Kandungan Nutrisi Buah Cranberry

Kandungan buah cranberry segar, hampir 90% nya mengandung air, sisanya merupakan karbohidrat dan serat. Jika dijabarkan, 100 gram buah cranberry mengandung berbagai hal berikut:

  • Air: 87%
  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 12.2 gram
  • Gula: 4 gram
  • Serat 4.6 gram
  • Lemak: 0.1 gram

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah cranberry antara lain sebagai berikut:

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

Vitamin dan Mineral

Buah cranberry merupakan buah yang mengandung mineral dan beberapa jenis vitamin. Adapun jenis vitamin yang terdapat di buah cranberry meliputi:

  • Vitamin C: Vitamin C berperan penting dalam pemeliharaan kulit, otot, dan tulang.
  • Vitamin E: Vitamin E merupakan antioksidan yang larut dalam lemak, dan berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Zat ini dapat membantu seseorang mencegah penyakit kronis akibat radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer (kelihangan memori), katarak, dan radang sendi.
  • Vitamin K1: Vitamin yang juga dikenal dengan sebutan phylooquinone. Vitamin K berfungsi untuk mengatur pembekuan darah.
  • Mangan: Mangan merupakan kandungan yang ditemukan di sebagian besar makanan. Mangan penting untuk pertumbuhan dan mengatur sistem metabolisme, serta mendukung sistem antioksidan di dalam tubuh.
  • Tembaga: Tembaga merupakan asupan penting yang harus dipenuhi. Kekurangan asupan tembaga dapat berdampak pada masalah kesehatan jantung.

Senyawa Tanaman Lainnya

Kandungan lain yang terdapat pada buah cranberry antara lain Quercetin, merupakan bentuk antioksidan yang paling banyak di cranberry. Kemudian, juga terdapat kandungan myricetin, jenis antioksidan utama dalam buah cranberry yang menguntungkan untuk kesehatan.

Asam ursolik juga terdapat pada buah cranberry. Asam ursolik bahan yang sering ada dalam obat herbal tradisional dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Proanthocyanidins A-Type, atau disebut juga tanin terkondensasi merupakan polifenol yang disebut efektif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih.

Intip Manfaat dan Keamanan Cranberry untuk Ibu Hamil

Rutink konsumsi buah cranberry dapat meningkatkan jumlah bakteri baik ke sistem pencernaan.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

Manfaat Buah Cranberry untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah cranberry dapat memberikan berbagai manfaat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi yang beragam dari buah cranberry dapat mendukung proses kehamilan. Adapun manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan risiko yang bisa terjadi selama kehamilan. Adanya perubahan hormon serta pertumbuhan volume di jalan lahir membuat masalah infeksi saluran kemih tak terhindarkan. Buah cranberry dapat menjadi obat herbal alami yang membantu mencegah bakteri menempel di sisi kandung kemih dan saluran kemih.

Hal ini penting, agar bakteri tidak menemukan tempat untuk hidup dan mencegah pertumbuhan bakteri. Tapi walaupun begitu, perlu diingat buah cranberry tidak dapat mengobati infeksi saluran kemih. Jadi buah cranberry hanya mengurangi resiko ibu hamil mengalami infkesi saluran kemih. Jika ibu hamil mengalami infeksi saluran kemih, segera konsultasikan dengan dokter untuk menghindari risiko komplikasi.

2. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin E dalam buah cranberry memiliki manfaat baik dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada ibu hamil. Jika kekebalan tubuh meningkat, kesehatan ibu dan bayi dapat lebih terjaga. Sistem kekebalan tubuh yang baik, juga dapat membantu ibu melawan dampak buruk dari radikal bebas, serta mengurangi risiko penyakit kronis yang dapat membahayakan ibu dan bayi.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Berbagai penelitian telah menyebutkan manfaat buah cranberry terhadap kesehatan pencernaan ibu hamil. Mengonsumsi buah cranberry secara rutin dapat meningkatkan jumlah bakteri baik ke sistem pencernaan ibu. Manfaat lainnya, buah cranberry juga dapat mengatur kadar asam empedu yang terdapat di usus. Asam empedu ini berhubungan dengan masalah gastrointestinal serta kanker usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Sebagai bagian dari sistem pencernaan, kesehatan mulut merupakan hal vital yang harus dijaga ibu hamil. Mengonsumsi cranberry dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut secara maksimal. Cranberry membantu mengendalikan asam berbahaya yang ada di mulut Anda. Zat-zat buah cranbery mengurangi jumlah asam yang telah diproduksi dengan menjaganya agar tidak menempel pada gigi. Dengan begitu, risiko penyakit seperti sakit gigi, penyakit gusi, kerusakan gigi, atau bahkan kanker mulut dapat dihindari.

Baca Juga: Bahaya Daun Saga untuk Ibu Hamil dan Kenali Efek Sampingnya!

Keamanan Buah Cranberry dalam Kehamilan

Buah cranberry dapat dikonsumsi selama kehamilan. Konsumsi buah cranberry aman dan baik untuk ibu maupun bayi. Bahkan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Walaupun begitu, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, seperti ibu hamil yang memiliki risiko batu ginjal. Cranberry dapat menyebabkan ekskresi oksalat yang lebih tinggi dalam urin, ini dapat mempercepat pembentukan batu ginjal pada mereka yang rentan terhadap risiko tersebut.

Pertimbangan juga jumlah konsumsi cranberry harian Anda. Cranberry yang dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat membawa manfaat baik. Namun, jika itu dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan sakit lambung dan masalah diare.

Cara Mengolah Buah Cranberry

Buah cranberry butuh sekitar 16 bulan dari tahap persiapan tanam hingga panen. Buah cranberry segar dapat disimpan dalam freezer sekitar 6 hingga 12 bulan lamanya. Jika ingin mengolahnya, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan, berikut di antaranya:

  • Salad Buah: Bosan dengan varian salad buah yang itu-itu saja? Buah cranberry dapat menjadi opsi lain untuk memperkaya rasa salad buah Anda.
  • Smoothie: Mengolah buah cranberry dalam bentuk smoothie dapat memberikan sensasi rasa segar tersendiri ketika dikonsumsi saat hamil.
  • Oatmeal: Buah cranberry kering dapat menjadi campuran untuk toping oatmeal atau sereal gandum utuh yang biasa Anda konsumsi.
  • Selai: Cranberry juga dapat diolah menjadi selai untuk menemani konsumsi harian Anda. Ini dapat dicampurkan ke dalam roti panggang, pancake, atau biskuit.

Untuk mendapatkan manfaat optimal cranberry, hindari menambahkan pemanis atau gula tambahan secara berlebihan. Sekian artikel mengenai manfaat buah cranberry untuk kehamilan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa kembali pada pembahasan lainnya.

Telah direview oleh dr. Guntur Yohanes

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 19 Juni, 2023