Jeruk Nipis Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil

Jeruk Nipis Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

Jeruk nipis adalah buah yang memiliki rasa asam, berbentuk bulat, dan berwarna hijau cerah. Ada banyak spesies jeruk nipis, antara lain jeruk kunci (citrus aurantifolia), jeruk persia (citrus latifolia), jeruk gurun (vitrus glauca), dan jeruk makrut (citrus hystrix). Masing-masing jenisnya memiliki karakteristik yang unik, jeruk nipis cenderung lebih kecil, lebih asam, dan lebih aromatik dibanding jenis persia. Jeruk nipis memiliki banyak manfaat baik secara umum maupun untuk ibu hamil. Apa manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil? Simaklah penjelasan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis Secara Umum

Meskipun bentuknya kecil, jeruk nipis mengandung banyak nutrisi terutama vitamin C. Satu buah jeruk nipis utuh (67 gram) mengandung nutrisi:

  • 20 kalori
  • 7 gram karbohidrat0,
  • 5 gram protein
  • 1,9 gram serat
  • 22% vitamin C dari nilai harian (DV)
  • 2% zat besi, kalisum, vitamin B6, dan Tiamin dari DV
  • 1% kalium dari RDI

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niasin, folat, fosfor, dan magnesium. Kandungan nutrisi yang beragam membuat jeruk nipis memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan imun tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga menyehatkan kulit tubuh.

Baca Juga: Bahaya Daun Saga untuk Ibu Hamil dan Kenali Efek Sampingnya!

Khasiat Jeruk Nipis Ibu Hamil dan Janin

Makanan yang ibu hamil konsumsi secara langsung akan memengaruhi perkembangan janin. Makanan kaya nutrisi akan membantu dan mendukung perkembangan janin. Selain makanan, cobalah untuk mengonsumsi jeruk nipis. Apa sebenarnya khasiat atau manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil dan janin? Inilah 7 manfaat mengonsumsi air jeruk nipis selama kehamilan, meliputi:

1. Meningkatkan Asupan Vitamin C

Seringkali, ibu hamil mengalami kekurangan vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting untuk perkembangan otak janin. Ketika ibu hamil menambahkan air jeruk nipis ke dalam asupan makanannya, maka ibu tidak perlu lagi bergantung pada banyak suplemen.

2. Mengurangi Pembengkakan

Salah satu bagian tersulit dari kehamilan adalah pembengkakan. Tubuh menyimpan lebih banyak cairan saat hamil, sehingga kaki cenderung membengkak dan timbul rasa sakit. Coba tambahkan satu sendok teh air jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dapat mencegah timbulnya pembengkakan.

3. Meningkatkan Perkembangan Janin

Selain membantu perkembangan otak janin, jeruk nipis juga berperan dalam pertumbuhan aspek lainnya. Jeruk nipis memiliki kandungan potasium yang tinggi, kandungan ini baik untuk perkembangan tulang, sel saraf, dan otak pada janin.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa berbahaya bagi kehamilan karena dapat menyebabkan kelahiran prematur, mengganggu fungsi ginjal dan hati, serta pembekuan darah. Rutin meminum air jeruk nipis saat hamil dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Bahaya Daun Saga untuk Ibu Hamil dan Kenali Efek Sampingnya!

5. Meningkatkan Asupan Antioksidan

Masuk angin saat hamil memang tidak nyaman karena ibu hamil tidak bisa meminum obat sembarangan. Cobalah untuk rutin meminum air jeruk nipis, kebiasaan baik ini dapat membantu menghilangkan racun penyebab penyakit dan meningkatkan asupan antioksidan.

6. Membantu Meringankan Nyeri Persalinan

Beberapa orang percaya dengan meminum campuran air jeruk nipis dan madu dapat meredakan kontraksi persalinan serta memudahkan prosesnya. Mulailah meminum air jeruk nipis dengan madu 20 minggu setelah tanda kehamilan muncul.

7. Membantu Mengontrol Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan selama kehamilan tidak dapat dihindari. Jus jeruk nipis dapat membantu mengatur sistem percernaan menjadi lebih baik dan mengurani gejala gangguan-gangguan pencernaan yang timbul. Selain itu, ibu hamil juga akan tetap terhidrasi dengan mengonsumsi jus jeruk nipis ini.

Bolehkah Saat Hamil Minum Jeruk Nipis untuk Obat Batuk?

Diketahui bahwa batuk pada ibu hamil tidak akan menyakiti sang bayi. Bayi dilindungi di dalam otot rahim dan dikelilingi oleh cairan ketuban yang membantu menyangga terhadap gerakan yang berhubungan dengan batuk. Namun, jika batuk berkepanjangan dan tidak diobati dapat meningkatkan risiko melukai janin. Batuk biasanya hilang setelah satu minggu dan dapat diobati dengan pengobatan rumahan, seperti:

  • Minum banyak air putih
  • Gunakan pelembab udara
  • Minumlah teh atau air hangat dengan lemon dan madu
  • Berkumurlah dengan air garam hangat

Jika bertanya apakah boleh ibu hamil meminum jeruk nipis saat batuk? Maka jawabannya adalah boleh. Mengonsumsi jeruk nipis saat batuk tidak hanya meredakan gejala dan penyakit yang ditimbulkan, tetapi juga membantu memberikan manfaat lainnya bagi tubuh.

Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niasin, folat, fosfor, dan magnesium.

Berapa Porsi yang Dianjurkan Konsumsi Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil?

Rasa jeruk nipis sangat menyegarkan dan cukup enak bagi yang menyukainya. Namun, ada takaran khusus untuk mengonsumsi jeruk nipis per harinya. Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat, tetapi jika mengonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik bagi tubuh. Secara umum, orang dewasa dapat mengonsumsi tidak lebih dari 2-3 sendok makan (3-45 ml) air jeruk nipis per hari.

Sedangkan, untuk ibu hamil atau menyusui sebaiknya dibatasi menjadi 1 sendok makan (15 ml) per hari. Terlalu banyak minum air jeruk nipis dapat menyebabkan sakit perut dan mulas pada beberapa orang. Jika baru memulai, maka konsumsilah sekitar satu hingga dua sendok teh (5 ml) dan campurlah ke dalam minuman atau makanan kesukaan Anda. Perlu diingat bagi ibu hamil! Setiap kehamilan itu berbeda-beda. Maka dari itu, bicaralah dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi air jeruk nipis agar tidak mengalami efek samping yang merugikan.

Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digabungkan dengan berbagai jenis makanan maupun minuman. Ada banyak cara untuk mengonsumsi jeruk nipis dalam jumlah yang cukup, antara lain:

-Taburi ikan dengan bumbu dan tambahlah irisan tipis jeruk nipis

-Campurkan air jeruk nipis dengan minyak dan bumbu untuk membuat saus

-Peras air jeruk nipis ke dalam air atau teh dan bisa ditambahkan madu

-Gunakan kulit jeruk nipis sebagai bumbu perendam

Ada banyak resep masakan yang juga menggunakan jeruk nipis, salah satunya adalah roti tuna ketumbar-jeruk nipis. Gunakan jeruk nipis secukupnya agar manfaat jeruk nipis tidak hilang dan justru menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

Apa Efek Samping Jeruk Nipis Ibu Hamil?

Jeruk nipis yang dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping, terutama bagi ibu hamil. Efek samping jeruk nipis yang ditimbulkan pada ibu hamil, meliputi:

1. Erosi Gigi

Ibu hamil lebih rentan mengalami masalah gigi, salah satunya erosi gigi. Sebuah studi kasus melaporkan bahwa minum air jeruk nipis lebih dari sekali sehari dapat mengakibatkan hilangnya dentin gigi. Kehilangan dentin gigi ini sebagai akibat adanya trauma kimia dari asam sitrat yang tinggi, perubahan keasaman air liur, dan penggunaan pemutih berlebihan. Diketahui jeruk nipis memiliki lebih banyak asam sitrat dibandingkan jeruk bali dan jus jeruk.

2. Kelebihan Asupan Gula

Jus limun yang mengandung jeruk nipis atau lemon ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar seseorang menjaga asupan gula kurang dari 10% dari total kalori harian. Ibu hamil perlu untuk menjaga pola hidup sehat dan juga diet, yang mana hal ini dilakukan guna mengurangi asupan makanan atau gula berlebihan.

3. Maag

Beberapa ibu hamil mungkin sering mengalami mulas dan sakit perut. Maka dari itu, dokter akan menganjurkan untuk mengurangi makan makanan asam, seperti jeruk nipis. Kadar asam yang tinggi pada jeruk nipis dapat memperburuk rasa mulas pada ibu hamil. Namun, tidak semuanya diakibatkan oleh makanan asam. Dokter perlu melihat kembali makanan mana yang memperburuk gejala tersebut.

Jeruk nipis buah kecil berbentuk bulat dan berwarna hijau serta memiliki rasa asam. Jeruk nipis dapat ditemukan dengan mudah di pasar, swalayan, atau tempat perbelanjaan lainnya. Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan imun tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga merawat kulit.

Jeruk nipis juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dengan takaran yang tepat, yaitu 1 sendok makan (15 ml) per hari. Ibu hamil bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi masalah pencernaan, mengobati batuk, hingga meningkatkan pertumbuhan bayi. Namun, setiap kehamilan memiliki sensitivitas yang berbeda-beda sehingga perlu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Telah direview oleh dr. Juan Alexander

Source:

Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 5 April, 2023