Perhatikan Ini 7 Makanan untuk Penderita PCOS agar Cepat Hamil

Perhatikan Ini 7 Makanan untuk Penderita PCOS Agar Cepat Hamil

Perhatikan Ini 7 Makanan untuk Penderita PCOS agar Cepat Hamil

Saat ini, Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) telah menjadi salah satu masalah kesehatan hormonal yang banyak dialami oleh perempuan di seluruh dunia. PCOS dapat menyebabkan gangguan menstruasi, pertumbuhan rambut berlebih, dan kesulitan untuk hamil. Ketika mengalami PCOS, penting bagi Anda memperhatikan banyak hal salah satunya mencari tahu makanan untuk penderita PCOS agar cepat hamil. Dengan mengetahuinya, Anda dapat menghindari konsumsi makanan yang berpotensi memperburuk kondisinya. Meskipun PCOS tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, menerapkan pola makan sehat dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Lantas, apa saja makanan untuk penderita PCOS agar bisa hamil? Simak deretannya di bawah ini.

Baca Juga: Peran Hormon Androgen terhadap Fungsi Seksual

Makanan untuk Penderita PCOS agar Cepat Hamil

Berikut daftar makanan untuk penderita PCOS agar cepat hamil yang bisa dikonsumsi.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menjaga kadar insulin tetap stabil, sangat penting bagi penderita PCOS mengonsumsi makanan tinggi protein, rendah lemak, kaya serat, dan memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan menghasilkan glukosa dan insulin dalam darah lebih sedikit, sehingga cocok untuk penderita PCOS.

Berikut beberapa makanan untuk penderita PCOS agar cepat hamil:

  • Sayuran: Brokoli, kembang kol, dan kubis; selada; paprika hijau dan merah.
  • Umbi-umbian: Ubi jalar dan labu.
  • Protein nabati: Tahu.
  • Protein hewani: Dada ayam.
  • Ikan: Ikan salmon dan sarden.
  • Sayuran hijau lainnya: Bayam.
  • Lemak sehat: Minyak zaitun.
  • Buah-buahan : strawberry, alpukat, tomat, dan blueberry.

Dengan memerhatikan makanan-makanan ini, penderita PCOS dapat membantu mengelola kondisi mereka dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Tetaplah konsisten dalam menjaga pola makan sehat dan bergizi serta jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika perlu.

Baca Juga: Gejala PCOS dan Penyebabnya!

2. Gunakan Alternatif Pemanis

Kudapan manis memang sangat menggoda. Bagi penderita PCOS, sebaiknya mengganti gula dengan madu atau stevia sebagai alternatif yang lebih baik. Ingatlah, konsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah.

Mulailah dengan meningkatkan konsumsi air putih untuk mengurangi keinginan akan makanan manis. Selain itu, penting juga untuk mengatur waktu istirahat agar tubuh tetap segar tanpa perlu bergantung pada makanan manis.

3. Makanan Anti Peradangan

Untuk menurunkan tingkat insulin dalam tubuh, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah mengonsumsi makanan yang memiliki sifat anti peradangan. Beberapa contoh makanan anti peradangan, yaitu teh hijau, kunyit, kayu manis, dan sayur bayam.

4. Alternatif Susu

Selain pemanis, ada alternatif lain termasuk dalam daftar makanan untuk penderita PCOS agar cepat hamil, yaitu berbagai jenis susu alternatif. Anda dapat mengganti susu sapi dengan susu almond, susu oat, susu kedelai, dan berbagai pilihan susu lainnya.

Perhatikan Ini 7 Makanan untuk Penderita PCOS Agar Cepat Hamil

Bagi penderita PCOS sebaiknya kurangi gula dan gunakan alternatif pemanis yang lebih baik, seperti  madu atau stevia.

5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Makanan untuk penderita PCOS agar cepat hamil selanjutnya mengandung banyak antioksidan. Wanita dengan PCOS memiliki tingkat stres oksidatif yang lebih tinggi, sehingga penting bagi mereka untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Anda dapat memperoleh antioksidan alami dari makanan seperti goji berry, blueberry, dark chocolate, kacang pecan, dan makanan lain yang tinggi antioksidannya. Namun, saat memilih makanan dengan tinggi kandungan antioksidan, perlu diperhatikan juga kadar indeks glikemik (GI) makanan tersebut. Beberapa jenis buah dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang pada akhirnya dapat berdampak pada diabetes yang dapat dipicu oleh PCOS.

6. Ikan Kaya akan Omega-3

Ikan seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden adalah jenis makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Asam lemak ini merupakan jenis lemak esensial yang sangat penting dalam pola makan yang sehat. Omega-3 memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya dalam melawan peradangan, mengurangi gejala depresi, dan mengurangi rasa cemas, tiga hal yang sering dialami oleh penderita PCOS. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik, sehingga mengonsumsinya dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

7. Perbanyak Asupan Vitamin D

Beberapa gejala yang muncul akibat PCOS, seperti obesitas, resistensi insulin, dan gangguan ovulasi, juga bisa disebabkan kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, dengan memastikan asupan vitamin D yang cukup melalui pola makan dan sinar matahari, Anda dapat meredakan gejala tersebut. Selain membantu mengatasi obesitas, manfaat vitamin D dalam mengatasi resistensi insulin dan proses ovulasi pada perempuan dengan PCOS memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Apa Penyebab dan Ciri-Ciri Gangguan Kesuburan pada Wanita?

Mengapa Pengidap PCOS Harus Atur Pola Makan?

Bagi wanita PCOS sangat penting mengatur pola makan sehat karena berkaitan dengan pengaturan hormon di tubuh. Penderita PCOS umumnya memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi, yang berakibat pada produksi hormon androgen, seperti testosteron, yang berlebihan oleh ovarium. Lebih lanjut, wanita dengan PCOS yang memiliki berat badan di atas indeks massa tubuh sering mengalami resistensi insulin, sehingga penderita PCOS harus memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan BMI. Dengan menjaga pola makan yang tepat, tingkat insulin bisa terkontrol sehingga stabilitas hormon dapat terjaga. Selain itu, pola makan yang baik juga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan PCOS juga dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan secara nutrisi. Hal ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit. Jika dipertahankan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin harapan untuk melihat garis merah di tes kehamilan akan menjadi kenyataan. Agar hasil lebih maksimal, konsultasikan juga dengan dokter mengenai diet PCOS. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi berbeda-beda.

Telah direview oleh dr. Steffe Lie

Source:

Tim Konten Medis

Terakhir diperbarui pada 5 Desember, 2023
Dipublisikan 23 Oktober, 2023