10 Ciri-Ciri Wanita Hamil dan Makanan untuk Wanita Hamil

Ciri-Ciri Wanita Hamil dan Makanan untuk Wanita Hamil

10 Ciri-Ciri Wanita Hamil dan Makanan untuk Wanita Hamil

Bagi sebagian orang, kehamilan adalah kabar yang menggembirakan. Bagaimana tidak, seorang bayi akan segera hadir di tengah-tengah keluarga Anda. Tak heran, jika banyak pasangan muda yang berusaha mencari tahu ciri-ciri wanita hamil. Umumnya, ciri-ciri wanita hamil ditandai dengan muntah-muntah. Tapi tahukah Anda, ciri-ciri wanita hamil tidak hanya muntah-muntah loh. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Wanita Hamil

.
Kehamilan pada wanita akan terjadi ketika sperma pria membuahi sel telur wanita. Saat berhubungan seks, pria memproduksi dan mengeluarkan air mani yang mengandung sperma. Lalu, sperma yang keluar dan masuk ke dalam tubuh wanita berenang dari serviks dan rahim menuju tempat sel telur dibuahi. Ketika sperma dan sel telur bertemu, saat itulah mulai terjadi pembuahan yang akhirnya menyebabkan kehamilan.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Hamil yang Terjadi pada Wanita Subur

Ciri Wanita Hamil

.
Banyak orang menganggap wanita hamil selalu ditandai dengan mual dan muntah. Padahal, ciri-ciri wanita hamil itu ada banyak. Berikut ini adalah beberapa ciri wanita hamil yang jarang di ketahui banyak orang:

1. Terlambat Haid
Keterlambatan haid adalah ciri awal kehamilan. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua keterlambatan haid disebabkan karena kehamilan.

2. Sakit Kepala
Saat awal kehamilan, wanita akan mengalami perubahan pada kadar hormon dan mengalami peningkatan volume darah. Akibatnya, wanita akan beberapa kali mengalami sakit kepala selama periode awal kehamilan.

3. Munculnya Bercak
Awal masa kehamilan, pada beberapa wanita akan muncul bercak darah. Bercak darah ini berbeda dengan darah ketika menstruasi. Munculnya bercak darah ini karena adanya pendarahan implantasi yang terjadi sekitar satu hingga dua minggu setelah pembuahan.

4. Kenaikan Berat Badan
Bagi beberapa wanita, kehamilan akan membuat berat badan mereka bertambah. Hal ini karena adanya perubahan hormon selama hamil. Kenaikan berat badan ini akan semakin terlihat ketika mulai memasuki trimester kedua atau sekitar minggu ke-13.

Baca Juga: Mengapa Bisa Hamil Kembar padahal Test Pack Negatif?

5. Perubahan Payudara
Setelah masa pembuahan, kadar hormon pada wanita akan meningkat begitu cepat. Akibatnya, payudara akan mulai terasa membengkak, muncul rasa sakit atau terasa berat dan penuh. Ditambah lagi, puting akan menjadi lebih besar dari pada biasanya dan lebih sensitif. Selain itu, area sekitar puting akan melebar atau semakin gelap selama masa kehamilan.

6. Mengalami Sakit Punggung
Adanya perubahan massa tubuh pada wanita hamil akan membuat beberapa wanita mengalami sakit punggung.

7. Mengalami Sembelit
Perubahan hormon yang terjadi selama awal kehamilan akan menghambat sistem pencernaan wanita. Akibatnya, beberapa wanita akan mengalami sembelit selama periode ini.

8. Mengalami Kram Perut
Perubahan pada otot rahim yang mulai merenggang dan mengembang akan menyebabkan kram pada perut. Kram yang dialami ini menyerupai kram perut saat menstruasi dan akan terjadi beberapa kali.

9. Mengalami Mual
Mual dan muntah saat pagi hari adalah gejala umum yang banyak dirasakan ketika awal kehamilan. Tetapi, tidak semua wanita hamil akan mengalami hal ini. Gejala ini biasanya akan berlangsung sekitar empat bulan pertama sejak masa kehamilan.

10. Buang Air Kecil Berkali-Kali
Seringnya buang air kecil bisa menjadi ciri awal kehamilan yang tidak banyak wanita sadari. Munculnya gejala ini karena adanya perubahan hormon yang membuat kandung kemih wanita lebih sensitif dari biasanya. Akibatnya, wanita jadi lebih sulit untuk menahan kencing.

Baca Juga: 7 Cara Baru Cepat Hamil bagi Pasangan Muda

Ciri Wanita Subur dan Mudah Hamil

.
Mengetahui ciri-ciri wanita subur adalah hal penting yang akan membantu Anda mempersiapkan kehamilan. Berikut ini adalah ciri-ciri wanita subur dan mudah hamil:

  • Mengalami semua gejala menstruasi
  • Cairan vagina Anda berwarna bening dan jernih
  • Darah yang keluar selama masa menstruasi berjumlah normal dan durasi menstruasi dalam waktu normal
  • Jarang atau tidak pernah merasakan sakit di bagian pinggul
  • Memiliki pola makan yang sehat
  • Tetap hamil meskipun sudah menggunakan alat kontrasepsi
  • Memiliki bentuk tubuh yang ideal
  • Memiliki hormon yang seimbang
  • Rutin memeriksakan kesehatan reproduksi ke dokter

Makanan Agar Cepat Hamil untuk Pria dan Wanita

.
Pemilihan makanan yang tepat bagi pria dan wanita dapat membantu pasangan agar cepat hamil. Berikut ini adalah beberapa referensi makanan yang wajib di konsumsi pria dan wanita agar cepat hamil:

  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan
  • Bawang putih
  • Semua jenis ikan
  • Sayuran hijau
  • Produk susu
  • Protein hewani tanpa lemak
  • Kentang
  • Kacang-kacangan
  • Tiram
  • Ubi jalar

Manfaat Asam Folat Bagi Wanita yang Ingin Hamil

.
Asam folat adalah salah satu B-complex vitamin yang penting bagi pertumbuhan saraf bayi selama masa kehamilan. Manfaat lain dari mengonsumsi asam folat bagi wanita hamil adalah membantu mencegah terjadinya kelainan bawaan pada bayi seperti saja cacat organ vital, bibir sumbing, kelahiran prematur atau cacat bawaan lainnya. Oleh karena itu, bagi wanita, asam folat merupakan vitamin penting yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan berlangsung.

Mempersiapkan kehamilan yang sehat dapat dimulai sejak awal, yaitu sebelum kehamilan. Jadi, bagi pasangan yang ingin segera hamil, pastikan sama-sama saling menjaga kesehatan demi mencegah hal buruk ketika masa kehamilan. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan konsultasi kepada dokter kandungan. Semakin dini berkonsultasi, memungkinkan Anda dan pasangan untuk menjaga kesehatan bayi kedepannya.

Telah direview oleh dr. Sylvani Gani

Source:

Tim Konten Medis

Terakhir diperbarui pada 5 Juli, 2024
Dipublisikan 21 September, 2023