Buah Kesemek, Nutrisi Alami untuk Ibu Hamil

Buah Kesemek untuk Ibu Hamil

Buah Kesemek, Nutrisi Alami untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi khusus selama masa kehamilannya. Pemilihan nutrisi yang tepat akan memberikan dampak baik terhadap tumbuh kembang janin. Tak hanya itu, dukungan akan kondisi kesehatan ibu juga akan lebih meningkat. Buah sebagai sumber nutrisi alami dapat menjadi pilihan tepat untuk konsumsi ibu hamil. Ada banyak pilihan buah yang dapat dikonsumsi, salah satunya kesemek. Tak hanya enak, buah kesemek juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Apa saja kandungan nutrisi pada buah kesemek dan bagaimana cara mengonsumsi buah kesemek? Temukan jawabannya di artikel ini.

Baca Juga: Buah Bit untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Kandungan Nutrisi pada Buah Kesemek

Kesemek adalah buah berwarna oranye, berbentuk menyerupai tomat, dengan rasa manis dan tekstur daging yang padat serta renyah layaknya buah apel. Pada buah kesemek terkadang nampak serbuk putih seperti bedak.

Buah ini umum ditemukan di Indonesia, memiliki sebutan buahnya para dewa, kesemek memiliki banyak kandungan nutrisi seperti, mineral, vitamin, antioksidan, dan senyawa bioaktif.

Lebih detail, per 100 gram buah kesemek mengandung 70 kalori, 18.59 g karbohidrat, 0.58 protein, 0.19 g lemak, 3.6 g serat, 81 MCG vitamin A, 7.5 mg vitamin C, 253 mcg Beta-karoten, 1447 mcg beta-cryptoxanthin, 161 mg kalium, 17 mg fosfor, 8mg kalsium, 1 mg sodium, dan 150 mcg zat besi. Jumlah kandungan nutrisi buah kesemek dapat berbeda setiap jenisnya.

Kesemek rendah secara kalori dan tinggi serat, membuat buah ini cocok untuk mereka yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Manfaat lain dari buah ini adalah kandungan vitamin A yang berfungsi untuk kekebalan tubuh, dan penglihatan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

Khasiat Buah Kesemek untuk Ibu Hamil

Berikut adalah khasiat buah kesemek untuk ibu hamil:

1. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah kesemek baik dikonsumsi untuk ibu hamil, karena dapat membantu tumbuh kembang tulang bayi selama di kandungan. Kalsium berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selain itu, memakan buah kesemek juga dapat meningkatkan kelancaran fungsi sistem saraf pusat.

2. Mencegah Risiko Anemia pada Ibu Hamil

Kesemek kaya akan kandungan nutrisi salah satunya zat besi, yang berfungsi mencegah risiko anemia selama kehamilan. Rutin mengonsumsi buah kesemek juga dapat meningkatkan hemoglobin serta efek samping anemia seperti, kelelahan dan pusing.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan vitamin A yang terdapat buah kesemek mendukung ibu hamil untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Vitamin C akan melindungi sel dan membantu menjaganya agar tetap sehat.

4. Sebagai Detox

Buah kesemek mengandung senyawa yang memiliki kualitas antioksidan. Antioksidan baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dan hati selama masa kehamilan. Keberadaan antioksidan membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel, dan melindungi tubuh dari risiko penyakit kronik tertentu.

Baca Juga: Selada Air untuk Ibu Hamil Begini Manfaatnya

Efek Makan Buah Kesemek Bagi Ibu Hamil

Secara keseluruhan buah kesemek aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Tapi, ada beberapa hal yang harus diwaspadai ketika mengonsumsi buah kesemek untuk menghindari risiko-risiko seperti di bawah ini:

1. Membentuk Bezoar

Bezoar merupakan massa keras yang tidak dapat tercerna oleh perut. Bezoar buah kesemek dapat terbentuk, ketika Anda menelannya dalam jumlah yang besar. Keberadaan bezoar dapat menyebabkan obstruksi lambung.

2. Reaksi Alergi

Alergi dapat terjadi jika ibu hamil tidak tawar dengan buah kesemek. Reaksi alergi bisa ringan atau berat. Gejala yang dialami antara lain adalah sakit lambung dan mual.

Pahami kondisi diri sebelum mengonsumsi buah kesemek, untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan. Jika ibu hamil merasakan gejala yang tidak biasa setelah makan buah kesemek, segera berhenti dan hubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Buah Kesemek untuk Ibu Hamil

Buah kesemek juga dapat meningkatkan hemoglobin serta efek samping anemia seperti, kelelahan dan pusing.

Bagaimana Cara Makan Buah Kesemek?

Sebelum mengonsumsi buah kesemek pastikan Anda sudah membilas buah dan menghilangkan daun bagian atasnya. Lantas, bagaimana cara makan buah kesemek? Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, berikut di antaranya:

1. Potong dalam Bentuk Irisan

Buah kesemek dapat dikonsumsi langsung dengan cara memotongnya dalam bentuk irisan. Caranya, potong buah kesemek menjadi dua bagian. Gunakan sendok untuk mengambil daging bagian dalamnya.

2. Dimakan Langsung

Cara lain memakan buah kesemek adalah dengan menggigitnya langsung, sama seperti ketika memakan buah apel atau pir.

Baca Juga: Belut untuk Ibu Hamil: Nutrisi dan Manfaat

3. Disajikan dengan Salad

Konsumsi buah kesemek juga dapat divariasikan dalam bentuk salad atau acar. Pilih buah kesemek segar, potong menjadi beberapa bagian, lalu campurkan dengan komposisi salad yang sesuai selera Anda.

4. Campurkan ke Dalam Oatmeal atau Granola

Jika membutuhkan variasi lain untuk mengonsumsi buah kesemek, Anda dapat mencampurkannya ke dalam oatmeal atau granola. Hidangan ini akan cocok dimakan ketika pagi hari sebagai sarapan.

5. Dibuat Selai

Bosan dengan rasa selai yang itu-itu saja? Selai rasa kesemek dapat Anda coba. Pilih buah kesemek yang sudah matang, lunakkan kesemek, dan oleskan pada roti untuk hidangan pembuka.

Kesemek adalah buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Rasanya yang manis, serta kandungan nutrisi yang lengkap membuat buah ini memiliki berbagai manfaat yang mendukung proses kehamilan seperti, membantu tumbuh kembang janin, mencegah risiko anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berperan sebagai detox. Masukkan buah kesemek dalam konsumsi sehari-hari dan jangan lupa untuk tetap waspada terhadap efek samping buah kesemek seperti pembentukan bezoar dan reaksi alergi.

Telah direview oleh dr. Alvin Michael Karnagi

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 4 September, 2023