Labu Siam untuk Ibu Hamil: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Memasak

Labu Siam untuk Ibu Hamil

Labu Siam untuk Ibu Hamil: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Memasak

Ada berbagai manfaat labu siam untuk ibu hamil. Labu siam kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan janin dan ibu. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya sup. Mari cari tahu berbagai manfaat labu siam untuk ibu hamil di bawah ini.

Labu Siam

Meski bentuknya tidak eksotis, labu siam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Mengonsumsi labu siam dianggap dapat memberikan manfaat sehat bagi jantung, mencegah kanker, dan sangat baik untuk ibu hamil. Masyarakat Indonesia biasanya menikmati labu siam sebagai lalapan, tumisan, atau sayur asem. Sedangkan, batang dan daun pucuk muda dari labu siam digunakan sebagai campuran membuat rujak dan sayuran lainnya. Tingginya nutrisi dan senyawa antioksidan yang bersifat anti-inflamasi, labu siam sangat cocok dikonsumsi sebagai pilihan sayuran saat hamil.

Baca Juga: Manfaat Kentang untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya!

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Tingginya nutrisi dan antioksidan yang ada dalam labu siam memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat labu siam untuk ibu hamil, berikut penjelasannya:Tingginya nutrisi dan antioksidan yang ada dalam labu siam memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat labu siam untuk ibu hamil, berikut penjelasannya:

1. Sumber Folat

Labu siam merupakan sumber folat yang sangat baik dikonsumsi ketika hamil. Folat diperlukan janin untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang saat dalam kandungan. Selain itu, folat juga penting untuk mencegah kelahiran prematur. Mengonsumsi satu labu siam dapat memenuhi 40 persen kebutuhan asam folat harian yang dimana baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh karena itu, memasukkan labu siam ke dalam menu harian saat hamil adalah keputusan yang tepat.

2. Mengandung Banyak Serat

Labu siam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dalam 100 g labu siam terkandung 1,7 g serat yang cukup menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil untuk mencegah ibu hamil mengalami sembelit. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk mengatur gula darah, dan masalah jantung pada ibu hamil. Selain kandungan seratnya, labu siam juga mengandung flavonoid tinggi yang membantu sistem pencernaan ibu hamil untuk menyerap nutrisi dalam makanan secara maksimal. Nutrisi sangat penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin selama kehamilan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

3. Kaya Antioksidan

Labu siam mengandung berbagai antioksidan seperti quercetin, yrcetin, morin, dan kaempferol. Kandungan antioksidan ini bermanfaat bagi tubuh untuk melindungi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres yang sering dialami ibu hamil. Selain itu, labu siam merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dari berbagai penyakit.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Selain tinggi serat, labu siam juga rendah karbohidrat. Kombinasi nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah ibu hamil agar tetap normal. Kandungan serat yang tinggi membantu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, labu siam juga dapat mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang baik bagi penderita diabetes tipe-2 dalam mengontrol kadar gula darah.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Labu siam mengandung berbagai vitamin dan mineral, diantaranya:

  • Air
  • Protein
  • Natrium
  • Serat
  • Vitamin B1, B2, B3, B6, C, E, dan K
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium
  • Magnesium
  • Beta-Karoten
  • Fosfor
  • Zinc
  • Asam folat

Berbagai nutrisi diatas penting untuk perkembangan janin dan membantu menjaga sistem imun tubuh. Selain tinggi nutrisi, labu siam juga rendah kalori, dan lemak, sehingga cukup sehat dan cocok untuk dikonsumsi ketika hamil.

Labu Siam untuk Ibu Hamil

Selain labu siam, pastikan mendapatkan asupan nutrisi beragam dari berbagai sumber makanan.

6. Mencegah Anemia

Selama kehamilan, akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh wanita dan akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Salah satunya adalah peningkatan produksi sel darah merah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi pada janin. Zat besi, asam folat, vitamin B12 menjadi komponen penting yang dapat membantu proses produksi sel darah merah.

Jika ibu hamil kekurangan salah satu zat tersebut, maka rentan mengalami anemia. Labu siam memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi labu siam bisa menjadi salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil.

7. Menurunkan Kolesterol

Labu siam juga kaya akan kalium. Kalium adalah salah satu mineral penting untuk membuang kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi akan membuat timbunan lemak di pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah akan menyulitkan darah mengalir melalui arteri dan meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Kalium juga bermanfaat untuk memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan jantung, sehingga membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Oleh karena itu, labu siam bisa Anda jadikan salah satu makanan wajib untuk menjaga kadar kolesterol selama masa kehamilan.

Baca Juga: Bahaya Daun Saga untuk Ibu Hamil dan Kenali Efek Sampingnya!

Cara Mengolah Labu Siam untuk Ibu Hamil

Labu siam memiliki kandungan air yang tinggi dengan rasa gurih yang unik dan tekstur yang lembut. Anda bisa langsung mengonsumsinya secara mentah-mentah atau dimasak. Namun, untuk ibu hamil tidak disarankan mengonsumsinya secara mentah. Banyak cara mengolah labu siam, antara lain:

1. Sebagai Campuran Sayur

Salah satu cara mengolah labu siam yang mudah adalah memasaknya menjadi sayur. Ada banyak pilihan sayur yang bisa Anda masak menggunakan bahan labu siam, misalnya sayur lodeh, sayur bening, atau sayur asem.

2. Dimasak Sebagai Tumisan

Jika ingin disajikan dengan sedikit air, labu siam bisa diolah dengan cara menumis. Anda bisa menumisnya dengan menambahkan beberapa bahan seperti ayam, ikan, seafood, dan sebagainya.

3. Dimasak Menjadi Gulai

Bagi Anda yang menyukai kuah bersantan, Anda bisa memasak labu siam menjadi gulai labu siam atau sambal goreng labu.

4. Dikukus atau Direbus

Selain dijadikan campuran dalam masakan, labu siam juga dapat dinikmati dengan cara dikukus atau direbus. Cara ini cocok untuk ibu hamil yang tidak bisa menikmati labu siam secara mentah.

Perlu diketahui, sebelum mengolah labu siam Anda harus membersihkan terlebih dahulu getahnya. Anda bisa menggosok permukaan labu untuk mengeluarkan getahnya. Setelah itu cuci labu siam hingga bersih. Kemudian rendam dalam air garam agar dapat menghilangkan getah yang membuat rasa menjadi pahit.

Manfaat labu siam untuk kehamilan cukup banyak. Anda bisa rutin mengonsumsinya karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Telah direview oleh dr. Davidtuan Andartua Sihombing

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 11 April, 2023