Cara Cepat Haid

cara agar cepat haid

Cara Cepat Haid

Cara agar cepat haid yang efektif dengan menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Namun, ada cara lain seperti olahraga, meditasi, dan menggunakan bahan alami juga dapat membantu memperlancar menstruasi. Simak informasi mengenai cara agar cepat haid berikut:

Apa itu Haid?

Haid atau menstruasi adalah proses reproduksi alami yang dialami tubuh wanita sebagai persiapan kemungkinan hamil. Setiap bulannya, wanita akan mengalami ovulasi, yaitu ketika sel telur yang siap untuk dibuahi terlepas dari ovarium. Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, maka sel telur akan luruh dari rahim dan terjadi siklus menstruasi. Haid umumnya dimulai antara usia 11-14 tahun dan berlangsung hingga menopause, yaitu usia sekitar 51 tahun.

Haid yang Teratur dan Tidak Teratur Seperti Apa?

Siklus menstruasi setiap wanita tidaklah sama. Bahkan pada wanita yang sama, siklus menstruasi bisa berbeda-beda setiap bulannya. Umumnya, siklus menstruasi terjadi setiap 24-38 hari dengan periode menstruasi selama 2-7 hari. Selama satu atau dua tahun pertama, wanita cenderung memiliki siklus menstruasi yang lebih panjang dan tidak sama setiap bulannya. Namun, siklus menstruasi akan memendek dan menjadi teratur seiring bertambahnya usia.

Haid yang tidak teratur merupakan hal umum dan semua wanita pernah mengalaminya. Terutama pada mereka yang baru saja mengalami haid. Umumnya, dikatakan haid tidak teratur jika Anda mengalami siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Namun, jika kondisi tersebut disertai dengan gejala tidak normal, bisa jadi adanya gangguan kesehatan serius dan Anda harus segera melakukan pemeriksaan medis.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Lama Hamil Setelah Menikah?

Cara Agar Haid Teratur Secara Alami

Siklus haid yang teratur menunjukkan bahwa organ reproduksi bekerja dengan baik. Selain itu, kondisi ini juga menunjukkan bahwa keseimbangan hormon progesteron dan estrogen tergolong stabil. Berbagai cara alami dapat Anda lakukan untuk menjaga agar haid teratur, berikut caranya:

1. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal juga bisa menjadi cara agar haid Anda teratur. Orang yang mengalami obesitas atau kekurangan berat badan lebih rentan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga berat badan ideal Anda. Berbagai cara mempertahankan berat badan dapat Anda lakukan seperti, olahraga, mengatur pola makan, dan bantuan medis.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, salah satunya agar haid menjadi teratur. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan dan menjaga keseimbangan hormon. Pada sindrom ovarium polikistik atau PCOS, seorang wanita mengalami penambahan berat badan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Rutin berolahraga dapat membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Yoga menjadi salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan agar haid menjadi teratur. Penelitian menunjukkan yoga membantu mengurangi nyeri haid dan gejala emosional terkait menstruasi, seperti depresi dan kecemasan. Selain yoga, olahraga seperti jalan kaki ringan, pilates, dan latihan aerobik ringan juga bisa Anda coba. Perlu diketahui, olahraga dengan intensitas berat sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Baca Juga: Inseminasi Intrauterine Adalah Inseminasi Buatan untuk Promil

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Memiliki kebiasaan makan makanan kurang sehat, seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan alkohol bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Akibatnya, dapat berpengaruh pada siklus menstruasi Anda. Terapkan pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan makanan lain yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

4. Meditasi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi ada kaitannya dengan ketidakteraturan menstruasi. Meditasi menjadi salah satu cara sederhana untuk mengurangi stres dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Anda bisa mempraktekkan meditasi setiap hari ketika pagi atau malam sebelum tidur.

5. Mengonsumsi Buah Nanas

Nanas kaya dengan kandungan bromelain, yaitu enzim yang diyakini dapat memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa bromelain dalam nanas bersifat anti-inflamasi, yang berarti dapat membantu mengatasi beberapa penyebab haid tidak teratur akibat peradangan. Oleh karena itu, mengonsumsi nanas dipercaya bisa membantu agar haid secara teratur.

6. Minum Jahe

Jahe juga bermanfaat untuk membantu memperlancar siklus menstruasi. Kandungan gingerol dalam jahe membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, sehingga membantu kontraksi otot rahim dan memfasilitasi keseimbangan hormon.

cara agar cepat haid

Memiliki berat badan yang ideal juga bisa menjadi cara agar haid teratur.

7. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk memperlancar siklus menstruasi. Kunyit mengandung anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang membantu mengurangi kram rahim, sehingga memperlancar siklus menstruasi.

8. Mengonsumsi Kayu Manis

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat membantu melancarkan haid dan bisa menjadi pilihan pengobatan untuk wanita dengan riwayat polycystic ovary syndrome (PCOS). Selain itu, kayu manis juga terbukti secara signifikan untuk mengurangi nyeri haid dan pendarahan, serta meredakan mual atau muntah akibat dismenore primer.

9. Minum Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan menyeimbangkan hormon pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik. Selain itu, cuka sari apel juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah serta insulin dalam tubuh yang menjadi penyebab haid tidak lancar.

10. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C juga dapat membantu melancarkan haid. Ini terjadi karena vitamin C memberikan efek positif untuk meningkatkan estrogen dan menurunkan progesteron pada kadar normal. Untuk menambah asupan vitamin C Anda bisa menemukannya dalam sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kiwi, stroberi, nanas, dan pepaya.

Baca Juga: Petunjuk Cara Penggunaan Test Pack Kehamilan yang Tepat

Cara Agar Haid Teratur Secara Medis

Jika cara alami tidak membantu, Anda bisa menggunakan cara medis dan obat-obatan agar haid teratur. Sebelum memulainya, pastikan Anda sudah mendapat saran medis dari dokter.

1. Mengganti Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, KB implan, KB suntik atau IUD (spiral) dapat membantu siklus menstruasi menjadi teratur. Namun, beberapa alat kontrasepsi dapat memberikan efek samping bagi penggunanya. Akibatnya, sebagian orang mungkin harus beberapa kali berganti alat kontrasepsi. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter sebelum menggunakannya agar bisa meminimalisir efek sampingnya.

2. Obat Metformin

Metformin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur karena penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS). Obat ini bekerja dengan menyeimbangkan hormon estrogen dan androgen dalam tubuh.

3. Obat Norethisterone

Norethisterone termasuk dalam jenis obat progestin yang sering diresepkan sebagai obat melancarkan haid. Obat norethisterone bekerja menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga membuat haid lebih teratur. Selain norethisterone, obat progestin yang sering diresepkan untuk memperlancar haid yaitu medroxyprogesterone.

4. Obat Gonadotropin

Gonadotropin merupakan obat yang tersedia dalam bentuk injeksi melalui suntikan. Obat ini bekerja dengan merangsang ovarium untuk melepaskan sel telur dan menyebabkan menstruasi.

Demikian informasi mengenai cara agar cepat haid. Namun, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek sampingnya. Sekian ulasan tentang cara agar cepat haid. Semoga bermanfaat.

Telah direview oleh dr. Josephine Grace Suryadi

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 11 April, 2023