Apakah Ambeien Ibu Hamil Berbahaya?

Ambeien pada ibu hamil

Apakah Ambeien Ibu Hamil Berbahaya?

Ambeien merupakan penyakit yang menyebabkan masalah di area anus dan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Ambeien pada ibu hamil biasanya terjadi pada trimester ketiga usia kehamilan dan membaik setelah melahirkan. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan ambeien selama hamil, atau meringankan gejalanya. Artikel ini akan mengulas secara lengkap masalah ambeien ibu hamil, selengkapnya simak di bawah ini.

Apa itu Ambeien?

Ambeien atau bisa disebut juga wasir merupakan kondisi membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus, sehingga menyebabkan sakit ketika buang air besar. Ambeien dapat muncul di dalam anus (internal hemorrhoids) atau di luar anus (external hemorrhoids). Ambeien menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman dan terganggu.

Lantas apakah ambeien pada ibu hamil merupakan hal yang normal? Ambeien wajar terjadi selama masa kehamilan. Ambeien biasanya akan muncul pada trimester ketiga sampai satu bulan setelah proses kelahiran bayi.

Baca Juga: Petunjuk Cara Penggunaan Test Pack Kehamilan yang Tepat

Bagaimana Ciri-ciri Ambeien pada Ibu Hamil?

Ada beberapa ciri-ciri ambeien pada ibu hamil yang dapat Anda amati, berikut di antaranya:

1. Rasa Sakit Saat Buang Air Besar

Jika biasanya Anda dapat buang air besar dengan lancar, kali ini justru muncul rasa sakit yang menyulitkan Anda untuk buang air besar dengan nyaman. Ketika Anda mengejan ambeien dapat menimbulkan rasa sakit pada area anus.

2. Muncul Rasa Gatal di Dalam dan di Sekitar Anus

Tak hanya sakit, rasa gatal juga dapat Anda alami ketika ambeien. Rasa gatal ini muncul dari benjolan ambeien yang muncul di sekitar anus. Ciri ambeien satu ini biasanya terjadi jika ibu hamil memiliki ambeien eksternal.

3. Adanya Darah di Kloset atau di Sekitar Anus Setelah Buang Air Besar

Ciri ambeien lainnya pada ibu hamil adalah terdapat darah di area kloset atau tinja Anda. Kondisi ini biasa terjadi pada ambeien jenis internal. Mungkin menakutkan untuk ibu hamil melihat darah ketika buang air besar, tapi pendarahan akibat ambeien internal biasanya tidak berbahaya. Namun, jika Anda merasa pendarahan sudah tidak normal, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab pendarahan Anda.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sehat Bumil

Apakah Ambeien Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Ambeien umum terjadi saat hamil, karena ukuran rahim yang membesar serta perubahan hormon turut serta meningkatkan peluang ibu hamil mengalami ambeien. Hubungi dokter, jika Anda merasakan gejala ambeien semakin memburuk seperti, rasa sakit yang hebat ketika buang air besar atau muncul darah secara berlebihan ketika buang air besar. Dokter akan melakukan pemeriksaan, dan merekomendasikan obat yang tepat jika memang diperlukan.

Berapa Lama Ambeien pada Ibu Hamil Sembuh?

Ambeien dapat sembuh dengan sendirinya setelah kehamilan dan proses persalinan selesai, bahkan tanpa perawatan khusus sekalipun sebab kondisi yang mempengaruhi ambeien seperti kadar hormon, volume darah, dan tekanan intra-abdominal akan kembali normal pasca melahirkan.

Ambeien pada ibu hamil

Ibu hamil dengan ambeien dapat melahirkan secara normal.

Apa Obat Ambeien untuk Ibu Hamil secara Alami?

Ada beberapa obat alami yang dapat dipilih oleh ibu hamil selama ambeien. Pemilihan obat dari bahan-bahan alami untuk mengobati ambeien di antaranya:

1. Mengonsumsi Cukup Serat Setiap Hari

Konsumsi makanan berserat yang cukup sekitar 25 hingga 30 gram dapat membantu melancarkan buang air besar Anda. Langkah ini termasuk cara untuk meringankan masalah ambeien. Jika buang air besar lancar, Anda tidak perlu mengejan saat buang air besar.

2. Berendam dengan Air Hangat

Langkah alami lain untuk mengobati ambeien adalah berendam di air hangat. Tidak perlu merendam badan seluruhnya, Anda dapat duduk sekitar 2-3 inci di permukaan air hangat. Langkah ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang di sekitar ambeien.

3. Hindari Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Duduk atau berdiri terlalu lama dapat memperburuk masalah ambeien Anda. Oleh karena itu, atur posisi ketika Anda berdiri atau duduk. Variasikan gerakan tubuh Anda, baik dengan jalan-jalan, olahraga, atau gerakan lainnya.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

4. Gunakan Bantal Penyangga Ketika Duduk

Langkah satu ini bermanfaat untuk menghindari rasa tidak nyaman yang muncul ketika duduk dengan ambeien. Pilih bantal yang nyaman dengan tingkat keempukan yang cukup untuk mendukung tempat duduk Anda.

Jika masalah ambeien sudah tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas, dokter biasanya menyarankan untuk minum obat pencahar, menggunakan krim khusus ambeien atau mengonsumsi obat khusus ambeien. Namun, pastikan Anda sudah mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter, demi keamanan ibu hamil dan janin di dalam perut.

Apakah Ibu Hamil yang Menderita Ambeien bisa Melahirkan Normal?

Ibu hamil dengan ambeien dapat melahirkan secara normal dan alami. Kelahiran dengan proses dengan bedah hanya akan dilakukan, jika kondisi ambeien pada ibu hamil sudah sangat membengkak, menyebabkan rasa sakit yang hebat, dan tidak dapat buang air besar.

Ambeien pada ibu hamil dapat menimbulkan masalah tersendiri seperti rasa tidak nyaman, sakit, dan kondisi lain yang menimbulkan kekhawatiran. Ambeien merupakan kondisi yang normal terjadi ketika masa kehamilan. Hubungi dokter jika Anda merasa ambeien sudah sangat mengganggu dan gejalanya tidak dapat dikelola dengan baik.

Sekian artikel mengenai ambeien pada ibu hamil kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya.

Telah direview oleh dr. Davidtuan Andartua Sihombing

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 11 April, 2023