Apakah Baik Makan Toge Selama Kehamilan?

Apakah Baik Makan Toge Selama Kehamilan?

Apakah Baik Makan Toge Selama Kehamilan?

Toge atau bisa disebut juga kecambah merupakan sayuran yang biasa dihidangkan untuk makanan pelengkap seperti dalam soto, rawon, sup, dan makanan khas Indonesia lainnya. Toge memiliki sedikit kalori dan mengandung berbagai nutrisi baik untuk ibu hamil. Ketahui berbagai khasiat, efek samping, serta cara pengolahan toge untuk ibu hamil di artikel ini.

Kandungan Nutrisi dari Toge

Ada berbagai nutrisi yang akan diperoleh ketika mengonsumsi sayuran toge. Berikut di antaranya:

1. Protein

Toge merupakan jenis sayuran yang masuk dalam kategori kacang-kacangan. Kacang merupakan sumber protein nabati yang baik. Per 1 cangkir toge, terdapat kandungan 2.7gram protein di dalamnya.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Kenali Efek Sampingnya!

2. Vitamin

Terdapat dua kandungan vitamin utama dalam toge, yaitu vitamin C dan vitamin K. Vitamin C berfungsi untuk membantu melindungi sel agar tetap sehat, menjaga kulit, pembuluh darah, dan tulang rawan, serta membantu proses penyembuhan luka. Sedangkan vitamin K berperan untuk pembekuan darah, membantu penyembuhan luka, serta menjaga tulang agar tetap sehat.

3. Mineral

Kandungan mineral dalam toge seperti zat besi, kalsium, dan magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, komponen darah, serta fungsi tubuh lainnya.

4. Antioksidan

Toge mengandung sumber senyawa antioksidan yang baik. Antioksidan bertugas dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel serta mengurangi risiko penyakit berat seperti kanker dan masalah jantung.

Baca Juga: Selada Air untuk Ibu Hamil Begini Manfaatnya

5. Folat

Toge menjadi sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Folat atau vitamin B-9 merupakan nutrisi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan serta fungsi sel yang sehat. F

olat sangat penting untuk dipenuhi selama masa kehamilan awal, karena berperan dalam mengurangi risiko cacat lahir otak dan tulang belakang.

Manfaat Toge untuk Ibu Hamil

Toge dapat menjadi opsi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Banyak khasiat yang bisa diperoleh apabila mengonsumsi toge untuk ibu hamil, berikut di antaranya:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Toge mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin C, vitamin K, mineral, antioksidan, dan asam folat yang dapat mendukung proses kehamilan. Kandungan nutrisi ini masing-masing memiliki fungsi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C, seng, magnesium, serta flavonoid dalam toge, berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Jika sistem kekebalan tubuh semakin kuat, maka tubuh akan mampu menangkal infeksi, virus, penyakit, serta mempercepat proses pemulihan penyakit. Dengan mengonsumsi toge, ibu hamil dapat memperoleh manfaat berupa kesehatan tubuh yang tetap terjaga serta perlindungan dari infeksi.

3. Mencegah Risiko Cacat Lahir

Mengonsumsi cukup folat banyak direkomendasikan untuk ibu hamil guna mencegah risiko cacat lahir dan tulang belakang. Kandungan folat dalam toge cukup memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga rutin memakan toge dapat membantu ibu hamil mencegah risiko tersebut selama masa kehamilan.

4. Mengurangi Sembelit

Jika ibu hamil sering merasakan masalah pencernaan selama periode kehamilan, mengonsumsi toge dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Toge memiliki banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan lebih mudah. Alhasil sembelit bisa dihindari.

Baca Juga: Kenali Manfaat Alpukat untuk Wanita Hamil dan Kesuburan

5. Sebagai Antioksidan dan Anti-inflamasi

Toge memiliki antioksidan dan efek anti-inflamasi yang kuat. Efek ini berperan dalam mengurangi risiko penyakit seperti kanker, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan sepsis (peradangan tubuh yang serius dan sistemik).

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Toge mengandung vitamin K yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kandungan lain dalam toge seperti, mangan dan seng juga dapat mendukung pembentukan tulang yang sehat. Dengan mengonsumsi toge, manfaat yang diperoleh jika dikonsumsi selama kehamilan berupa peningkatan kesehatan tulang serta dukungan untuk pertumbuhan tulang pada janin dalam perut.

Toge untuk Ibu Hamil

Konsumsi asam folat yang cukup selama kehamilan berguna mencegah risiko cacat lahir.

Efek Samping Makan Toge untuk Ibu Hamil

Tidak ada efek samping khusus konsumsi toge selama kehamilan. Hanya saja ibu harus memeriksa cara pengolahannya secara tepat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Mengonsumsi toge untuk ibu hamil, disarankan dalam kondisi matang sempurna, karena toge mentah mengandung bakteri seperti Salmonella, Listeria, dan E.coli.

Bakteri-bakteri ini jika termakan oleh ibu hamil, dapat membawa dampak berbahaya seperti keguguran, kelahiran mati, bayi lahir prematur, infeksi pada bayi baru lahir, serta penyakit yang lebih fatal dapat menyerang bayi ketika lahir.

Bagaimana Cara Mengolah Toge?

Sebelum memasak toge sebaiknya ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari risiko bakteri yang terdapat pada sayuran toge.

  1. Pastikan kondisi toge: Sebelum memasak toge, pastikan toge dalam kondisi segar dan saat dipecahkan atau digigit memiliki suara yang renyah.
  2. Masak kecambah menjadi hidangan khusus: Hindari mengonsumsi kecambah secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Ibu hamil dapat mencoba dengan mencampurkannya ke hidangan seperti tumis, sup, daging-dagingan, atau menu lain sesuai selera.
  3. Buang toge yang sudah berbau dan berlendir: Toge dengan bau tidak sedap serta berlendir biasanya sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Segera buang dan ganti dengan toge lainnya.


Toge merupakan sayur kacang-kacangan yang banyak ditemukan di sekitar kita. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kecambah memiliki berbagai khasiat penting untuk ibu hamil seperti, memenuhi kebutuhan nutrisi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah risiko cacat hamil, mengurangi sembelit, sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, serta mendukung kesehatan tulang ibu dan janin.

Berbagai manfaat itu dapat ibu hamil peroleh jika mengonsumsinya dengan cara yang tepat, hindari memakannya secara mentah karena kandungan bakteri bisa berbahaya untuk kesehatan janin. Sekian artikel mengenai toge untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel kesehatan lainnya.

Telah direview oleh dr. Cindy Alvina Hendryan

Source:

Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 11 Juli, 2023