Efek Samping Ibu Hamil Makan Mie Instan Menurut Medis

Efek Samping Ibu Hamil Makan Mie Instan Menurut Medis

Efek Samping Ibu Hamil Makan Mie Instan Menurut Medis

Konsumsi mie instan untuk ibu hamil sering kali dianggap berbahaya karena dipercaya membahayakan kesehatan ibu dan janin. Sebenarnya, ibu hamil makan mie instan boleh saja asal dikonsumsi dengan cara yang tepat. 

Mie instan adalah salah satu jenis makanan praktis yang populer dikonsumsi di seluruh dunia. Mie instan cenderung tidak mahal dan mudah untuk disiapkan. Mie instan biasanya dijual dalam berbagai bentuk kemasan dan banyak dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Rasa yang bermacam-macam membuat setiap orang yang mengonsumsinya tidak bosan. Namun, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Yuk, simak selengkapnya penjelasan berikut!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Ibu hamil boleh konsumsi mie instan, tetapi emang tidak direkomendasikan. Mie instan umumnya tidak dianggap sebagai pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena beberapa kandungan bahan merugikan bagi kesehatan ibu dan janin. Jika tetap ingin mengonsumsinya, pertimbangkan beberapa tips berikut:

1. Kurangi Garam dan Bahan Penyedap Lainnya

Gunakanlah setengah atau kurang dari setengah bumbu-bumbu penyedap mie instan yang ada. Jika memungkinkan, singkirkan bumbu penyedap itu dan gantilah dengan bahan rempah dapur lainnya, seperti bawang putih, bawang bombay, ketumbar, dan merica agar tetap kaya rasa.

2. Masaklah dengan Lebih Sehat

Cobalah untuk mengkreasikan mie instan dengan bahan tambahan lainnya, seperti sayuran. Tambahkan sayuran semacam bayam, buncis, wortel, jamur, kembang kol, daun bawang, dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan tahu, telur rebus, ayam, ataupun ikan yang dimasak sampai matang.

Baca Juga: Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

3. Pilihlah Mie yang Terbuat dari Gandum

Sebelum membeli, coba cermati label makanan yang tertera pada bungkus mie instan. Carilah mie yang terbuat dari bahan utama gandum. Banyak orang tidak menyukai versi gandun. Namun, untuk ibu hamil disarankan memilih jenis ini agar lebih aman jika dikonsumsi.

Efek Samping Ibu Hamil Makan Mie Instan Menurut Medis

Setelah makan mie instan, disarankan konsumsi air putih untuk mengurangi dampak sodium.

Kandungan Mie Instan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Mie instan tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mie instan memiliki kandungan bahan yang kurang menyehatkan bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu sering, terutama pada ibu hamil. Inilah beberapa bahan yang menimbulkan efek samping bagi ibu hamil dan orang yang memakan, meliputi:

1. Maida atau tepung halus

Bahan makanan olahan diketahui kehilangan banyak nutrisinya selama pemrosesan. Maida adalah salah satu bahan yang kehilangan nutrisinya alias tidak mengandung nilai gizi apapun dan dapat mengganggu sistem pencernaan.

2. Garam

Setiap 100 gram mie instan mengandung hampir 2500 mg sodium atau garam. Asupan mie instan yang terlalu sering dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit hipertensi, sangat berbahaya bagi kehamilan.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Keong Sawah Memang Boleh?

3. Pengawet

Semua produsen ingin meningkatkan umur simpan produk mereka sehingga menambahkan pengawet didalannya. Mie instan dengan pewarna buatan, penyedap rasa, hingga pengawet dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

4. Monosodium glutamat atau MSG

MSG adalah bahan umum yang digunakan dalam banyak produk makanan saat ini. MSG dalam jumlah kecil selama kehamilan masih dapat diproses oleh pencernaan, tetapi jika dalam jumlah besar akan berdampak terhadap perkembangan dan kesehatan bayi.

5. Lemak trans

Semua makanan olahan tinggi mengandung lemak trans, termasuk mie instan. Lemak trans ini berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak kadar kolesterol dan bisa berdampak pula bagi kehamilan Anda.

Bahaya Mie Instan untuk Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Mie instan mengandung banyak bahan yang dapat menimbulkan efek samping. Salah satu bahayanya adalah tingginya kandungan garam dalam mie instan. Konsumsi garam berlebihan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. Selain itu, banyak mie instan juga mengandung bahan pengawet dan perasa buatan yang mungkin tidak aman bagi ibu hamil dan janinnya.

Kekurangan nutrisi yang seimbang juga menjadi masalah, karena mie instan umumnya rendah serat dan nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin yang sehat. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan konsumsi mie instan dan memilih alternatif makanan yang lebih sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dan janinnya.

Untuk mengurangi risiko bahaya mie instan bagi ibu hamil, berikut adalah beberapa trik yang bisa dilakukan:

  • Mengganti mie instan dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi.
  • Memilih alternatif mie instan yang lebih rendah garam dan lemak.
  • Mencampur mie instan dengan sayuran segar untuk menambah nilai gizi.
  • Memperbanyak konsumsi air putih untuk mengurangi dampak sodium.
  • Memasak mie instan dengan air yang cukup banyak agar lebih rendah kandungan garamnya.
  • Menghindari menambahkan bumbu instan berlebihan untuk mengurangi konsumsi MSG.
  • Memperhatikan asupan protein dan serat lainnya untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
  • Mengurangi konsumsi mie instan secara bertahap untuk menghindari dampak buruknya.
  • Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.
  • Menggantikan mie instan dengan pilihan makanan yang lebih sehat seperti nasi merah atau sereal gandum utuh.

Edited by : dr. Azifa Anisatul Umma

Source:

Tim Konten Medis
Terakhir diperbarui pada 22 November, 2023
Dipublisikan 4 September, 2023