Kalkulator Hari Perkiraan Lahir (HPL) atau Due Date Calculator

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir (HPL) atau Due Date Calculator

Perkiraan Hari Lahir/ Due Date Calculator
Hari pertama siklus menstruasi terakhir
Periode siklus
Kalkulasi
Bayi Anda kemungkinan besar akan lahir pada atau sekitar*
*Hanya dokter Anda yang dapat secara akurat menentukan tanggal jatuh tempo atau tanggal pembuahan Anda berdasarkan pengetahuannya tentang kondisi medis lengkap Anda.
Ubah Informasi
. .

Apa Itu Kalkulator Hari Perkiraan Kelahiran (HPL)?

Selain mengetahui masa subur, setiap ibu hamil tentu ingin mengetahui tanggal kelahiran bayinya. Kalkulator perkiraan kelahiran berguna untuk memprediksi usia kehamilan dan tanggal kelahiran bayi Anda. Kalkulator HPL bekerja berdasarkan perhitungan Hari Pertama Haid Terakhir, tanggal pembuahan, IVF, serta hasil USG.

Baca Juga: Kenapa Payudara Terasa Sakit dari Masa Subur Sampai Menjelang Haid?

Bagaimana Menggunakan Kalkulator Hari Perkiraan Kelahiran?

Persalinan biasanya terjadi saat usia kandungan sudah mencapai 37-42 minggu. Anda dapat mengetahui perkiraan kelahiran bayi Anda dengan memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir Anda. Kemudian, klik “Hitung Perkiraan Kelahiran” dan biarkan kalkulator perkiraan kelahiran menghitung hasilnya.

Anda dapat menggunakan kalkulator perkiraan kelahiran setelah mengetahui Hari Pertama Haid Terakhir. Jika Anda ragu atau tidak mengetahuinya, konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan di fasilitas kesehatan terdekat. Termasuk dalam pemeriksaan kehamilan, USG juga bisa memperkirakan tanggal persalinan.

Hari Pertama Haid Terakhir

Kelahiran bayi berlangsung sekitar 40 minggu atau 38 minggu sejak pembuahan. Cara terbaik untuk memperkirakan kelahiran bayi dengan menghitung 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama periode menstruasi terakhir Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi 3 bulan dari hari haid pertama terakhir Anda dan menambahkan 7 hari. Namun, penting diingat Hari Perkiraan Lahir hanya sebagai perkiraan tanggal kelahiran bayi Anda bukan patokan batas waktu bayi untuk lahir. Hanya 4% bayi yang lahir sesuai dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Tanggal Pembuahan

Jika Anda mengetahui secara pasti kapan waktu ovulasi menggunakan alat tes kesuburan. Anda dapat mengetahui Hari Perkiraan Lahir berdasarkan tanggal pembuahan Anda.  Anda dapat memilih metode perhitungan “Tanggal Pembuahan” pada menu di atas dan biarkan kalkulator perkiraan kelahiran menghitung hasilnya.

Baca Juga: Bayi Tabung: Pengertian, Prosedur, dan Biaya

Tanggal Transfer Embrio IVF

Jika Anda sedang hamil melalui  program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF), Anda dapat menentukan Hari Perkiraan Kelahiran menggunakan tanggal transfer embrio IVF. Persalinan diperkirakan akan terjadi pada usia kehamilan 38 minggu atau 266 hari terhitung dari pengambilan telur Anda. Biasanya transfer embrio dapat dilakukan pada hari ke-3 atau ke-5 tergantung rencana dokter.

Cara menghitung Hari Perkiraan Kelahiran bayi tabung bisa dilihat dari tanggal transfer embrio IVF. Sebagai contoh, hitungan HPL dari tanggal transfer embrio yang berusia 3 hari, berarti 266-3= 263 hari. Perkiraan kelahiran bayi Anda akan terjadi pada 263 hari kemudian. Sementara hitungan HPL dari tanggal transfer embrio yang berusia 5 hari, berarti 266-5= 261 hari. Perkiraan kelahiran bayi Anda akan terjadi pada 261 hari kemudian.

Pemeriksaan USG

Jika Anda tidak yakin atau lupa kapan hari pertama haid terakhir, atau tanggal pembuahan. Jangan khawatir, Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan petugas kesehatan. Dokter dapat membantu menentukan HPL melalui pemeriksaan USG. Perkiraan hitungan lahir melalui USG dini biasanya lebih akurat. Meskipun demikian HPL di USG juga dapat berubah.

Perhitungan kelahiran melalui USG hanya dapat diperoleh bila pemeriksaan kehamilan dilakukan pada trimester pertama usia kehamilan antara 18-22 minggu. Selain itu, dokter juga dapat mengukur ketinggian fundus untuk memperkirakan hari kelahiran bayi Anda. Pengukuran fundus dilakukan dari bagian atas perut ibu hingga puncak tulang kemaluan. 

Baca juga: Ini Persiapan Sebelum Bayi Tabung yang Perlu Diperhatikan

Dapatkah Saya Merencanakan Hari Perkiraan Lahir?

Meskipun Hari Perkiraan Lahir (HPL) tidak selalu akurat, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter  terutama mendekati persalinan. Anda dapat mencoba kalkulator perkiraan kelahiran untuk memprediksi persalinan Anda. Pilih metode perhitungan (bisa melalui haid terakhir, tanggal pembuahan, atau tanggal transfer ivf) untuk memprediksi tanggal kelahiran bayi Anda.

Bisakah Hari Perkiraan Lahir Saya Berubah?

Hari Perkiraan Lahir (HPL) atau jatuh tempo kelahiran bayi Anda dapat berubah. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, USG awal Anda tidak aktif atau USG pertama Anda di trimester kedua. Selain itu, bisa juga karena tinggi badan Anda tidak normal atau kadar alpha-fetoprotein (AFP) Anda, protein yang dibuat oleh bayi berada di luar kisaran normal. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait HPL segera konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda.

Terakhir diperbarui pada 4 April, 2024
Dipublisikan 14 September, 2023